Menpora Pastikan PON XX Papua Digelar Sesuai Jadwal

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 43 2430753 menpora-pastikan-pon-xx-papua-digelar-sesuai-jadwal-c9G93huW0f.jpg Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali (Foto: Kemenpora)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, kembali berbicara mengenai kesiapan penyelenggaraan PON XX Papua. Menpora mengatakan dalam waktu tinggal 100 hari pihaknya bersama KONI Pusat dan PB PON dan lembaga terkait terus melakukan koordinasi.

"Bapak Presiden pada tanggal 15 Maret yang lalu pada saat rapat terbatas kembali menegaskan bahwa PON Papua yang ke-20 tetap akan dilaksanakan pada bulan Oktober," ujar Zainudin Amali dilansir dari Youtube Kemenkominfo, Jumat (25/6/2021).

 

Lebih lanjut, Menpora juga mengatakan koordinasi dilakukan dengan baik, agar hajatan besar nasional ini bisa berlangsung dengan baik dan lancar.

Sebab, kalau komunikasi terputus baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi, provinsi dengan kabupaten maka akan menganggu persiapan.

Baca juga: Pengamanan PON Papua, Ka Ops Nemangkawi Ingatkan Berbagai Potensi Ancaman

"Jadi persiapan non fisik (koordinasi) seperti ini juga penting di samping mempersiapkan hal-hal yang bersifat fisik, venue, penginapan, transportasi dan berbagai hal," lamjutnya.

Secara keseluruhan pada rapat tanggal 15 Maret yang lalu, Gubernur Papua sudah menyatakan siap. Sedangakan persiapan di lapangan terus dilakukan koordinasi.

"Pada umumnya untuk pembangunan fisik tidak jadi masalah termasuk dari Kemenpora untuk pengadaan beberapa peralatan cabor dan penyelenggaraan, dilakukan di waktu yang tepat," ujarnya lagi.

"Jadi saya kira untuk persiapan kita tidak ada masalah, sampai dengan tes even juga yakini bisa. Hanya yang non fisik ini akan kita lebih intensifkan lagi," jelasnya.

Selain itu, Menpora juga mengatakan pihaknya terus melakukan persiapan untuk gelaran PON ke-20 di Papua.

Hingga saat ini tidak ada kendala apapun, baik terkait persiapan fisik atau pembangunan venue maupun koordinasi antar stakeholder baik pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten kota kluster penyelenggaraan PON.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini