4 Fakta di Balik Tangisan Chris Paul Usai Bawa Suns Juara Wilayah Barat NBA 2020-2021

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 36 2433849 3-fakta-di-balik-tangisan-chris-paul-usai-bawa-suns-juara-wilayah-barat-nba-2020-2021-GADTbEspaO.jpg Chris Paul (Foto: Reuters)

LOS ANGELES – Pebasket Phoenix Suns, Chris Paul, tampil luar biasa saat menghadapi Los Angeles (LA Clippers) di final wilayah barat NBA musim 2020-2021 pada Kamis (1/7/2021). Dalam pertandingan yang digelar di Staples Center tersebut, Suns mengunci kemenangan di gim keenam dengan skor 130-103 atas Clippers.

Dalam game tersebut, Suns sendiri memang tampil sangat dominan sehingga mampu tak terkalahkan dalam empat kuarter yang dimainkan. Tim asuhan Monty Williams tersebut secara berurutan dari kuarter 1 hingga 4 unggul dengan 33-29, 33-28, 31-26, dan 33-20.

Baca Juga: Hasil Final Playoff NBA 2020-2021: Phoenix Suns Kembali Kalahkan LA Clippers

Seusai laga selesai, Suns pun berhak mengangkat trofi juara wilayah Barat di depan warga Los Angeles yang notabene mayoritas pendukung Clippers. Menariknya, dalam sesi konferensi pers Chris Paul berlinang air mata. Lantas apa yang membuatnya demikian?

1. Terpilih Jadi Pemain Terbaik

Ya, pemain yang berposisi sebagai point guard tersebut dapat dikatakan pemain terbaik dalam laga ini. Pasalnya, ia mencetak angka terbanyak dibanding pemain-pemain lain yakni 41 poin.

Tak hanya itu, Paul juga mencatat 8 assist dan 3 rebound. Hal ini membuat para pemain Suns yang lain juga mencetak banyak angka, katakanlah seperti Devin Booker (22 poin), Deandre Ayton (16 poin), dan Jae Crowder (19 poin).

Chris Paul

2. Sembuh dari Cedera

Paul baru saja bergabung dengan skuad Suns di final playoff ini pada game ketiga 25 Juni lalu. Hal ini imbas masa pemulihannya dari cedera bahu yang kerap kali kambuh.

Paul mengalami cedera saat Suns menghadapi lawan yang sama, yakni Clippers dalam ronde 1 playoff wilayah barat pada 2 Juni silam. Saat itu, pria yang akrab disapa CP3 ini berbenturan dengan Wesley Matthews yang menyebabkannya jatuh mengerang kesakitan sambil memegang bahunya.

Di laga final ini, sang pelatih Monty Williams pun menganggap sebagai laga emosionalnya. "Dia lelah. Dia masih melakukan permainan semacam itu, mencetak angka, three points dan mengatur segalanya. Dia telah bertahan melalui banyak hal - cedera, patah hati playoff,” kata Williams dikutip dari laman Guardian.

3. Bawa Suns Juara Lagi Setelah 28 Tahun Terakhir

Atas kemenangan ini, Suns mengakhiri puasa gelar juara wilayahnya sejak 1993. Di tahun ini, Suns mengganjilkan gelar juara wilayah Barat menjadi tiga kali (1976, 1993, 2021).

Namun, sayang selama itu Suns belum pernah meraih gelar juara Championships sama sekali. Tentu, tahun ini menjadi kesempatan mereka yang harus menghadapi salah satu pemenang wilayah Timur antara Milwaukee Bucks dan Atlanta Hawks.

Chris Paul

4. Mengalahkan Mantan Timnya

Rasa emosional Paul semakin besar lantaran lawan yang dikalahkannya merupakan mantan timnya sendiri. Ia dapat dikatakan sebagai pemain yang meninggalkan banyak cerita di Clippers lantaran pernah membelanya selama enam musim.

Setelah kontraknya berakhir pada 2017, ia memutuskan bergabung dengan Houston Rockets, Oklahoma City Thunder, hingga di 2020 membela Phoenix Suns. Ia pun menyampaikan hormat kepada mantan timnya tersebut.

“Saya sangat senang untuk semua orang di sekitar saya. Clippers adalah keluarga saya juga. Penggemar ini, Billy Crystal, itulah keluarga saya. Ini adalah tim yang sangat saya hormati, saya akan selalu menjadi Clipper,” tutup Paul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini