Valentino Rossi Dkk Melempem, Yamaha Dinilai Beruntung Punya Fabio Quartararo

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 06:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 38 2432965 valentino-rossi-dkk-melempem-yamaha-dinilai-beruntung-punya-fabio-quartararo-I6XuL6Qy4n.jpg Valentino Rossi dan Fabio Quartararo. (Foto: MotoGP)

BOLOGNA – Test rider atau pembalap penguji Tim Ducati, Michele Pirro, menilai Yamaha beruntung memiliki pembalap sehebat Fabio Quartararo. Sebab, kehadirannya telah menjadi pembeda di tengah masalah yang dialami Yamaha pada MotoGP 2021.

Sebagaimana diketahui, para pembalap Yamaha gagal bersinar di MotoGP 2021. Valentino Rossi jadi yang paling menderita dengan belum pernah bisa finis di lima besar. Pencapaian terbaik pembalap Tim Petronas Yamaha itu hanyalah finis di posisi ke-10 pada MotoGP Italia 2021.

Valentino Rossi

Sedikit beruntung dari Rossi, rekan setimnya, Franco Morbidelli, sudah naik podium satu kali. Tetapi, dia tetap tercecer ke urutan 13 di klasemen sementara MotoGP 2021 usai hanya mengemas 40 poin.

BACA JUGA: Juara MotoGP Belanda 2021, Fabio Quartararo Ketakutan saat Balapan

Sementara itu, kondisi yang sama terlihat di tim pabrikan lewat salah satu pembalapnya, yakni Maverick Vinales. Meski membuka musim dengan fantastis dengan merebut kemenangan di Qatar, setelah itu Vinales harus berjuang keras untuk bisa berbicara banyak.

BACA JUGA: Disebut Pengganti Valentino Rossi di Yamaha, Fabio Quartararo Akui Tertekan

Baru pada akhir pekan lalu di MotoGP Belanda 2021, penderitaan Vinales berakhir. Dia merebut pole position dan finis di urutan kedua.

Dengan begitu, hanya Quartararo yang tampil gemilang di MotoGP 2021. Dia tampil berbeda dengan terus rutin meraih kemenangan. El Diablo -julukan Quartararo- total sudah mengemas empat kemenangan. Kini, Quartararo bahkan bertengger kukuh di puncak klasemen.

Bagi Pirro, hal yang dilakukan Quartararo saat ini sama seperti Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol itu juga menjadi pembeda di Honda. Marquez bahkan tetap bisa menyumbangkan kemenangan, meski kondisinya tengah kesulitan saat ini lantaran cedera yang belum sepenuhnya pulih.

“Saat-saat sulit terjadi, mereka (Yamaha) beruntung memiliki Quartararo yang bisa memanfaatkan semua yang dimilikinya,” ujar Pirro, sebagaimana dikutip dari Motosan, Rabu (30/6/2021)

Fabio Quartararo

“Quartararo persis melakukan hal seperti Marc Marquez. Jika tidak ada kemenangan di Jerman, kita tidak akan pernah mengerti betapa kompetitifnya Honda,” lanjutnya.

“Terkadang, batasnya sangat sempit, terutama ketika ada pembalap yang membuat perbedaan,” tukas Pirro.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini