Share

Paruh Pertama Musim 2021 Rampung, Siapa Pembalap Moto2 yang Layak ke MotoGP?

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 28 Juni 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 38 2432045 paruh-pertama-musim-2021-usai-siapa-pembalap-moto2-yang-layak-ke-motogp-BzDfPyYIus.jpg Raul Fernandez (Foto: MotoGP)

PARUH pertama musim 2021 telah rampung bersamaan dengan selesainya balapan seri Belanda 2021. Karena telah memasuki pertengahan musim, menarik untuk mengulas para pembalap Moto2 yang mungkin naik kelas ke MotoGP pada musim depan.

Sebagaimana diketahui, pada musim ini, ada tiga debutan di MotoGP. Mereka adalah Enea Bastianini (Esponsorama Racing), Luca Marini (Esponsorama Racing), dan Jorge Martin (Pramac Ducati) yang naik kelas dari Moto2.

Raul Fernandez (Foto: Reuters)

Bastianini, Marini, dan Martin tampil bagus pada musim lalu sebelum menjadi debutan di MotoGP 2021. Bastianini merupakan juara Moto2 2020, Marini runner-up, dan Martin finis kelima pada klasemen akhir.

Jika berkaca pada itu, para pembalap dengan penampilan apik di Moto2 musim ini mungkin akan naik kelas ke MotoGP 2022. Ada dua pembalap yang mencuri perhatian di Moto2 2021, yaitu Raul Fernandez dan Marco Bezzecchi.

BACA JUGA: Buka Kans Naik ke Moto2 di 2022, Pedro Acosta Jadi Gabung Tim Balap Valentino Rossi?

Mereka tampil bagus pada musim ini. Fernandez, yang baru naik kelas ke Moto2 pada musim ini, bahkan bersaing ketat dengan pemimpin klasemen sementara, Remy Gardner.

Fernandez hanya berjarak 31 poin dari Remy Gardner yang musim depan dipastikan naik kelas ke MotoGP untuk membela Red Bull KTM Tech3. Fernandez memangkas jarak dengan Gardner usai memenangkan balapan seri Belanda di Sirkuit Assen, Minggu 27 Juni 2021.

Sementara itu, Bezzecchi pun unjuk gigi pada musim ini. Bezzecchi, yang finis ketiga di Moto2 2020, berada di posisi ketiga klasemen sementara. Dia berjarak 56 poin dari Gardner.

Selain tampil cukup bagus pada paruh pertama musim ini, mereka memiliki satu persamaan lain, yaitu masih muda. Fernandez (20 tahun) dan Bezzecchi (22 tahun) berumur di bawah 23 tahun.

Fernandez dan Bezzecchi berpeluang naik kelas ke MotoGP pada musim depan. Sejauh ini, baru Gardner dan Fabio Di Giannantonio yang telah memastikan diri naik kelas ke MotoGP dari Moto2. Jika Gardner membela Tech3, Di Giannantonio menjadi pembalap Gresini Flex-Box Ducati Racing Team bersama Bastianini.

Marco Bezzecchi (Foto: MotoGP)

Sementara itu, ada tempat kosong di Aprilia (satu), Aramco Racing Team VR 46 (dua), Petronas Yamaha SRT (satu), dan Tech3 (satu). Tempat tersisa di Aprilia kemungkinan besar akan diisi Andrea Dovizioso yang musim ini menjadi pembalap penguji tim pabrikan Italia itu.

Lalu, VR46 kemungkinan besar akan menarik Marini untuk menjadi pembalap mereka pada musim depan. Sebab, Marini adalah adik tiri Valentino Rossi yang merupakan pemilik VR46. Alhasil, hanya ada satu kursi pembalap tersisa di VR46.

Petronas SRT pun masih mencari satu pembalap lagi sebagai tandem Franco Morbidelli pada musim depan. Sebab, Petronas SRT kemungkinan tidak akan memperpanjang kontra Rossi yang habis pada akhir musim ini. Posisi Rossi bisa diisi salah atu di antara Fernandez dan Bezzecchi.

Seperti Petronas SRT, kuota pembalap Tech3 juga belum lengkap karena baru diisi Gardner. Fernandez dan Bezzecchi bisa memperebutkan posisi itu dengan beradu penampilan mereka di Moto2.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini