Bangkit di MotoGP Jerman 2021, Eks Dokter Mick Doohan Kirim Surat Terbuka untuk Marc Marquez

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 05:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 38 2430579 bangkit-di-motogp-jerman-2021-eks-dokter-mick-doohan-kirim-surat-terbuka-untuk-marc-marquez-mDqSkqvFKo.jpg Marc Marquez (Foto: motogp.com)

MADRID – Mantan dokter Mick Doohan, yakni dr. Claudio Costa, ikut mengomentari keberhasilan Marc Marquez bangkit di MotoGP Jerman 2021. Costa mengaku sangat tersentuh dengan keberhasilan Marquez tersebut.

Sebagaimana diketahui, Marquez memang mengawali kampanenya di MotoGP Jerman 2021 dengan positif. Pada sesi latihan bebas pertama MotoGP Jerman 2021, Marquez mampu menjadi pembalap dengan catatan waktu tercepat.

Akan tetapi, Marquez gagal mempertahankannya kala tampil di sesi latihan bebas serta kualifikasi MotoGP Jerman 2021. Marquez pun start dari posisi kelima dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Sachsenring tersebut.

Infografis Marc Marquez

Marquez pun sempat digadang-gadang hanya akan meramaikan persaingan lima besar dalam balapan di MotoGP Jerman 2021. Namun siapa sangka, Marquez justru tampil luar biasa semenjak start MotoGP Jerman 2021.

Meski sempat kesulitan melewati rider Tim Aprilia Gresini, Aleix Espargaro, Marquez pun berhasil memimpin balapan di pertengahan race. Posisi tersebut berhasil dipertahankan Marquez hingga bendera finis di MotoGP Jerman 2021 berkibar.

Baca Juga: Marc Marquez Juarai MotoGP 2021? Mick Doohan pun Ragu

Ini pun menjadi kemenangan perdana yang dipetik Marquez di MotoGP 2021, setelah melewati masa-masa sulit akibat cederanya. Pasalnya semenjak comeback, pembalap asal Spanyol tersebut memang kesulitan untuk bersaing meraih kemenangan.

Kesuksesan Marquez tersebut pun mendapatkan respons dari Costa selaku mantan dokter Doohan. Bahkan pendiri Clinica Mobile tersebut sampai mengirimkan surat terbuka, lantaran tersentuh dengan perjuangan yang dilakukan oleh Marquez.

“Keajaiban manusia terjadi di bawah langit Jerman. Usai lebih dari 500 hari, Marc Marquez memenangkan sebuah balapan,” tulis surat terbuka Costa kepada Marquez, seperti dilaporkan oleh GPOne, Jumat (25/6/2021).

“Luka, patah tulang, infeksi, dan penderitaan belum terlupakan, namun mereka menjadi berkah, sebuah kesadaran baru yang terinterpretasi dalam balapan. Bahkan, pada lap-lap terakhir, Marc tak mengalami penurunan kondisi fisik. Ia justru mengasapi (Miguel) Oliveira yang sehat di belakangnya,” lanjutnya.

“Diwawancara pada akhir balapan oleh para reporter yang takjub, dengan bercucuran air mata Marquez berkata bahwa ia sempat bicara lama dengan Mick Doohan di Mugello soal kecelakaan di Assen pada 1992, di mana rider Australia itu berisiko kehilangan nyawa, begitu juga kakinya.”

Marc Marquez

“Namun, kemudian merebut lima gelar dunia. Saya rasa ia sudah belajar bahwa luka bisa menjadi berkah yang nyata. Dan jika Anda percaya, dewa-dewa juga telah mengirimkan beberapa rintik hujan padanya.”

Baca Juga: Kibarkan Bendera Putih, Marc Marquez Tak Lagi Incar Gelar Juara MotoGP 2021

“Selamat datang kembali, Marc. Hanya pahlawan yang bisa menyandang luka-luka mereka dengan rasa bangga. Kini saatnya menjadi lebih kuat ketimbang sebelumnya. Ingatlah kisah Doohan: memberi makna pada rasa sakit dan sedih adalah keajaiban yang nyata. Saya ada di sana!” tuntas surat terbuka Costa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini