Markis Kido Tidak Dikebumikan di Taman Makam Pahlawan, Ini Penjelasan Menpora

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 40 2425801 markis-kido-tidak-dikebumikan-di-taman-makam-pahlawan-ini-penjelasan-menpora-V7VvPws0Jd.jpg Menpora RI, Zainudin Amali (Foto: Kemenpora)

JAKARTA - Legenda bulu tangkis Indonesia, Markis Kido, dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kebon Nanas, Cipinang, Jakarta Timur pada Selasa 15 Juni 2021 siang WIB.

Sebelum diberangkat ke tempat peristirahatannya yang terakhir, jenazahnya disalatkan lebih dulu di masjid Baitul Muslimin, Jalan Bangau Raya Jakamulya, Bekasi Selatan, tak jauh dari rumah duka. Peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 itu dimakamkan satu liang bersama sang ayah.

 

Sebelumnya, beredar kabar Markis Kido akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Akan tetapi, hal tersebut tidak terjadi. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pun memberikan penjelasan atas hal tersebut.

Baca juga: Miliki Rekam Medis Hipertensi, Candra Wijaya Akui Markis Kido Sempat Tak Bisa Divaksin

"Kewenangan siapa saja yang berhak dimakamkan di TMP adalah di Kementerian Sosial (Kemensos)," ujar Zainudin Amali dilansir dari laman resmi Kemenpora, Rabu (15/6/2021).

"Markis Kido mendapatkan penghargaan Parama Kridha Utama Kelas I dari Presiden SBY pada tahun 2008, dan itu tidak termasuk yang bisa dimakamkan di TMP, seperti waktu itu Olimpian Lukman Niode juga tidak bisa," ujarnya lagi.

Meski demikian, Zanudin Amali mengatakan ini akan menjadi perhatian pihaknya. Salah satunya untuk melihat apakah kriteria dapat diperluas dan dikomunikasikan dengan Kemensos serta pada kelembagaan khusus yang berwenang tentang hal ini.

"Kita akan lihat dan membahasnya bersama lembaga terkait, apakah bisa diperluas kriterianya," jelasnya.

 

Markis Kido meninggal dunia di usia 36 tahun. Kabarnya, mantan pebulu tangkis yang lahir pada 11 Agustus 1984 itu mengalami serangan jantung.

Selama berkarier di dunia bulu tangkis, sosok Markis Kido sendiri diketahui sudah berhasil membawa harum Indonesia di kancah dunia lewat beragam prestasi manisnya. Dia bahkan berhasil menyabet medali emas di Olimpiade 2008 yang berlangsung di Beijing, China. Medali ini didapat di nomor ganda putra, lewat duetnya dengan Hendra Setiawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini