Ketika Marc Marquez Melempem, Pembalap Italia Ikut-ikutan Tampil Memble

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 38 2422856 ketika-marc-marquez-melempem-pembalap-italia-ikut-ikutan-tampil-memble-LBDiOWlabK.jpg Valentino Rossi bersama Francesco Bagnaia dan Luca Marini. (Foto: MotoGP)

PEMBALAP Italia mungkin sedang dalam performa yang tidak baik-baik saja di ajang MotoGP. Sebab sudah tujuh balapan terakhir tak ada satu pun rider berpasport Italia yang mampu memenangkan balapan.

Tujuh balapan itu terhitung sejak MotoGP Portugal 2020 sampai MotoGP Catalunya 2021. Terakhir kali lagu kebangsaan Italia berkumandang di akhir balapan MotoGP adalah ketika rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli menang di MotoGP Valencia 2020 pada 15 November 2020.

Kegagalan pembalap Italia memenangkan balapan di tujuh race terakhir itu tak pernah terjadi sebelumnya sejak 2014 silam. Jadi, bisa dikatakan para pembalap Negeri Pizza itu sedang dalam krisis.

Baca Juga: Shinichi Sahara Kagum dengan Semangat Juang Mir di MotoGP Catalunya 2021

Francesco Bagnaia dan Jack Miller

Tentu sangat disayangkan jika para pembalap Italia, seperti Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli, Enea Bastianini, Danilo Petrucci, Luca Marini, dan Valentino Rossi tak bisa mendominasi pemenang balapan di tujuh balapan terakhir MotoGP tersebut.

Pasalnya pesaing utama pembalap Italia, yakni Marc Marquez nyatanya sedang tampil melempem sejak mengalami kecelakaan di balapan perdana MotoGP 2020. Marquez yang baru comeback di seri ketiga MotoGP 2021 itu pun belum memperlihatkan adanya tanda kebangkitan.

Melempemnya Marquez itu diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pembalap Italia. Sebab sebelum kejadian nahas yang menimpa Marquez di MotoGP Spanyol 2020, The Baby Alien selalu bisa mendominasi pemenang balapan dan membuat para rider Italia gigit jari.

Kini ketika ada peluang untuk para pembalap berpaspor Italia untuk bangkit, Rossi dan kawan-kawan justru tampil kurang menggigit. Sejauh ini saja para pembalap Italia hanya bisa finis empat kali di podium MotoGP 2021.

Tiga diciptakan Bagnaia bersama Ducati Lenovo di GP Qatar, Portugal, dan Spanyol. Lalu satu podium lagi ditorehkan oleh Morbidelli yang mampu finis di urutan ketiga saat melakoni balapan MotoGP Spanyol 2021.

Valentino Rossi

Ketika para pembalap Italia gagal memanfaatkan jatuhnya Marquez dan rider-rider Spanyol, duo Prancis, yakni Fabio Quartararo dan Johann Zarco justru berhasil mendominasi penguasaan podium di sepanjang MotoGP 2021.

Zarco yang kini membela Pramac Ducati itu sukses menorehkan empat kali runner-up dari tujuh seri balapan MotoGP 2021 yang sudah dimainkan. Gara-gara keberhasilannya itu, Zarco lantas kini bertengger di posisi kedua pada klasemen sementara pembalap MotoGP 2021 dengan raihan 101 poin.

Lalu Quartararo tampil lebih luar biasa lagi dengan sukses memenangkan tiga balapan dan sekali finis di urutan ketiga. Berkat penampilan apiknya itu, pembalap Tim Monster Energy Yamaha tersebut kini berada di peringkat pertama pada klasemen MotoGP 2021 dengan torehan 115 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini