Quartararo Dihukum karena Balapan Tanpa Pelindung Dada, Espargaro: Dia Tak Punya Pilihan Lain!

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 38 2421764 quartararo-dihukum-karena-balapan-tanpa-pelindung-dada-espargaro-dia-tak-punya-pilihan-lain-vhiagG3Y5x.jpg Fabio Quartararo (Foto: motogp.com)

ANDORRA – Pembalap Tim Aprilia Gresini, Aleix Espargaro, mengomentari aksi nekat rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, yang tetap balapan dengan kondisi baju balapnya terlepas saat tampil di MotoGP Catalunya 2021. Menurut Espargaro, Quartararo sendiri memang tidak memiliki pilihan lain saat kejadian itu terjadi.

Bahkan Quartararo pun menjalani sisa balapan MotoGP Catalunya 2021 dengan kondisi baju balapnya terbuka. Tidak sampai di situ, Quartararo juga terlihat dengan sengaja membuang pelindung dadanya kala balapan MotoGP Catalunya 2021 berlangsung.

Fabio Quartararo

Gara-gara hal tersebut, Quartararo pun akhirnya mendapatkan hukuman dari FIM Stewards. Quartararo yang finis ketiga di MotoGP Catalunya 2021 harus menerima kenyataan mundur tiga detik, hingga ia harus rela finis keempat.

Hukuman Quartararo bertambah ketika Tim Ducati dan Suzuki memprotes FIM Stewards, lantaran tak memberikannya sanksi karena sengaja membuang pelindung dada. FIM Stewards mengabulkan protes FIM Stewards, yang mana membuat Quartartaro akhirnya finis keenam di MotoGP Catalunya 2021.

Baca Juga: Soal Baju Balap Quartararo yang Terbuka, Valetino Rossi Cuma Beri Tanggapan Singkat

Aksi kontroversi Quartararo sendiri memang mengundang banyak tanggapan dari pembalap lain. Ada yang mencela, namun tidak sedikit pula yang memberikan pembelaannya kepada El Diablo –julukan Quartararo.

Espargaro menjadi salah satu sosok yang memberikan pembelaan terhadap aksi yang dilakukan Quartararo tersebut. Ya, menurut Espargaro, Quartararo sendiri memang tidak memiliki pilihan lain, selain tetap membalap dengan kondisi tanpa pelindung dada serta baju balap yang terbuka.

“Ayolah. Hal ini bisa saja terjadi. Memang berbahaya jika Anda memulai balapan tanpa pelindung dada. Namun, jika ini terjadi dalam balapan, maka apa pilihan yang tersedia untuk Anda selain tetap melanjutkannya?” jelas Espargaro, sebagaimana disadur dari Marca, Selasa (8/6/2021).

Fabio Quartararo

“Ya, itu memang berbahaya. Tentu berbahaya, namun ia sedang memperebutkan gelar dunia. Apakah Anda pikir adil menghentikan pembalap karena mungkin ritsletingnya rusak? Ya, saya paham itu berbahaya, tapi itu juga sulit untuk menghukumnyam,” sambung pembalap asal Spanyol itu.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Pelindung Dada yang Dibuang Pembalap Fabio Quartararo

Meski begitu, posisi Quartararo di tabel klasemen sementara MotoGP 2021 tidak mengalami perubahan. Ya, Quartararo masih tetap memimpin klasemen sementara MotoGP musim ini dengan koleksi 115 poin atau unggul 14 angka dari rider Tim Pramac Ducati, Johann Zarco.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini