Sengaja Buang Pelindung Dada di MotoGP Catalunya 2021, Mir: Quartararo Layak Dihukum!

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 38 2421229 sengaja-buang-pelindung-dada-di-motogp-catalunya-2021-mir-quartararo-layak-dihukum-JeN3TFWUcu.jpg Fabio Quartararo (Foto: motogp.com)

BARCELONA – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, mengomentari aksi kontroversi rider Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat menjalani balapan di MotoGP musim 2021 seri Catalunya. Ya, Mir menilai bahwa Quartararo memang layak menerima hukuman lantaran dengan sengaja membuang pelindung dadanya saat balapan MotoGP Catalunya 2021 tengah berlangsung.

Sebagaimana diketahui, sebuah aksi nekat dilakukan oleh Quartararo kala mengaspal di MotoGP Catalunya 2021. Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Barcelona tersebut, Quartararo memang mengalami masalah pada ritsleting baju balapnya.

Fabio Quartararo

Bahkan Quartararo pun menjalani sisa balapan MotoGP Catalunya 2021 dengan kondisi baju balapnya terbuka. Tidak sampai di situ, Quartararo juga terlihat dengan sengaja membuang pelindung dadanya kala balapan MotoGP Catalunya 2021 berlangsung.

Gara-gara hal tersebut, Quartararo pun akhirnya mendapatkan hukuman dari FIM Stewards. Quartararo yang finis ketiga di MotoGP Catalunya 2021 harus menerima kenyataan mundur tiga detik, hingga ia harus rela finis keempat.

Baca Juga: Baju Balap Quartararo Terbuka di MotoGP Catalunya, Stoner: Dia Seharusnya Didiskualifikasi!

Hukuman Quartararo bertambah ketika Tim Ducati dan Suzuki memprotes FIM Stewards, lantaran tak memberikannya sanksi karena sengaja membuang pelindung dada. FIM Stewards mengabulkan protes FIM Stewards, yang mana membuat Quartartaro akhirnya finis keenam di MotoGP Catalunya 2021.

Seusai balapan MotoGP Catalunya 2021, Mir pun lantas memberikan pandangan mengenai aksi kontroversial yang dilakukan oleh Quartararo. Menurut Mir, Quartararo memang layak mendapatkan hukuman karena aksinya tersebut membahayakan pembalap lain.

“Meski terdapat sebuah regulasi, terkadang Race Direction kurang tepat dalam mengambil keputusan seperti ini. Memang tidak selalu, namun acap kali terjadi seperti ini,” jelas Mir, seperti dirangkum dari Motorsport Total, Senin (7/6/2021).

“Dalam kasus ini, yang saya lihat sebagai aksi yang sangat membahayakan adalah melepas pelindung dada. Perangkat ini terbuat dari plastik dan berbahaya, Padahal motor lain datang dengan kecepatan 200 km/jam,” sambungnya.

Fabio Quartararo

“Saya merasa bahwa membuang pelindung dada layak mendapat hukuman. Sebab menurut saya secara pribadi, aksi itu memang sangat membahayakan pembalap lainnya. Kami harus belajar dari kasus ini.”

Baca Juga: MotoGP Catalunya 2021, Ini Penyebab Pakaian Balap Fabio Quartararo Terbuka

“Saya tidak mau ada pembalap lain di balapan selanjutnya mempunyai masalah dengan pelindung dada dan membuangnya di garis balap. Seharusnya kami jadi panutan lewat hukuman, agar tak terjadi lagi,” tuntas juara dunia MotoGP 2020 tersebut

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini