5 Calon Pemenang MotoGP Catalunya 2021, Wakil Tuan Rumah Berjaya?

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 38 2420042 5-calon-pemenang-motogp-catalunya-2021-wakil-tuan-rumah-berjaya-fI9NjtQPEd.jpg Para pembalap MotoGP 2021. (Foto: MotoGP)

AJANG MotoGP 2021 terus berlanjut. Akhir pekan ini, ada MotoGP Catalunya 2021 yang balapannya akan digelar di Sirkuit Catalunya, Barcelona, pada Minggu 6 Juni 2021 malam WIB.

Jelang balapan tersebut, sejumlah pembalap pun difavoritkan keluar sebagai pemenang. Nama-nama ini tentunya muncul bukan tanpa alasan. Kiprah fantastis dalam beberapa balapan atau musim terakhir di Sirkuit Catalunya membuat mereka lebih dijagokan untuk berjaya.

BACA JUGA: Taruh Harapan Besar di Catalunya, Valentino Rossi: Balapan Biasanya Selalu Indah

Siapa sajakah pembalap tersebut? Apakah nama pembalap wakil tuan rumah turut tertera? Berikut lima calon pemenang MotoGP Catalunya 2021.

BACA JUGA: Jadwal MotoGP Hari Ini: Latihan Bebas Jadi Awal Keterpurukan Marquez dan Valentino Rossi di Catalunya?

5. Johann Zarco

Di urutan kelima, ada nama Johann Zarco. Pembalap Tim Pramac Ducati tersebut turut dijagokan memenangi balapan di MotoGP Catalunya 2021 yang berlangsung akhir pekan ini lantaran memang punya bekal yang positif.

Johann Zarco

Zarco tercatat sudah berhasil dua kali menang di Sirkuit Catalunya, meski bukan diraih di kelas MotoGP. Pembalap asal Prancis itu mendapatkannya di kelas Moto2 pada 2015 dan 2016.

Tetapi, Zarco punya harapan mengulangi kesuksesan beberapa tahun silam tersebut ke musim ini. Sebab, mantan pembalap KTM itu tengah berada dalam tren positif hingga tengah bersaing memperebutkan gelar juara MotoGP 2021.

4. Franco Morbidelli

Berikutnya, ada nama Franco Morbidelli. Sejatinya, Morbidelli belum pernah mencatatkan kemenangan kala mentas di Sirkuit Catalunya. Tetapi, musim lalu, dia berhasil unjuk gigi kala melakoni balapan di salah satu sirkuit kebanggaan masyarakat Spanyol itu.

Franco Morbidelli

Dalam balapan MotoGP Catalunya 2020, Morbidelli tampil gemilang pada sesi kualifikasi. Hasil ini membawanya menyegel pole position. Sayangnya, dalam balapan, dia gagal mempertahankan posisinya hingga hanya finis di urutan keempat.

Kini, Morbidelli bukan tak mungkin mengulangi tren positifnya kala mentas di sesi kualifikasi dan melanjutkannya ke balapan sesungguhnya. Hal ini siap dilakukan demi menebus kegagalannya menang di musim lalu.

3. Joan Mir

Nama sang juara MotoGP 2020, Joan Mir, juga turut tertera dalam daftar calon pemenang MotoGP Catalunya 2021. Sebab, Mir terbukti bisa berbicara banyak pada musim lalu.

Joan Mir

Musim lalu, pembalap Tim Suzuki Ecstar itu sejatinya hanya memulai balapan dari urutan kedelapan. Tetapi, Mir secara mengejutkan bisa melaju cepat hingga turut bersaing memperebutkan kemenangan.

Sayangnya, dia akhirnya harus puas hanya finis di urutan kedua. Meski begitu, catatan manis ini bisa jadi bekal Mir untuk mentas pada akhir pekan ini. Terlebih, dia juga baru saja mendulang hasil manis pada akhir pekan lalu dengan menaiki podium ketiga di MotoGP Italia 2021.

2. Marc Marquez

Terteranya nama Marc Marquez dalam daftar ini mungkin sedikit mengejutkan. Sebab, kiprah pembalap Repsol Honda itu terlihat kurang baik sejak comeback usai sembuh dari cedera parah di lengan kanannya.

Marc Marquez

Tetapi, melihat Marc Marquez menaiki podium pertama di MotoGP Catalunya 2021 bukanlah hal yang mustahil. Ada beberapa faktor yang bisa mendukungnya. Salah satunya tentunya soal catatan Marc Marquez di Sirkuit Catalunya.

Marquez sudah tiga kali menang di Catalunya dan teranyar diraihnya pada 2019. Dengan semangat besar yang berharap bisa segera bangkit, The Baby Alien -julukan Marc Marquez- bisa saja membuat kejutan besar dengan menang di Catalunya lagi pada akhir pekan ini. Semua peluang masih terbuka lebar untuk sang juara dunia delapan kali itu.

1. Fabio Quartararo

Terakhir, tentunya ada nama Fabio Quartararo. Pembalap Tim Monster Energy Yamaha ini benar-benar tengah berada dalam tren positif di MotoGP 2021. Mengawali musim dengan baik di Qatar, Quartararo terus melanjutkannya ke balapan-balapan lain hingga kini tengah memuncaki klasemen sementara.

Fabio Quartararo

Nama Quartararo makin dijagokan untuk menang di Catalunya lantaran dia punya catatan manis kala mentas di sana pada musim lalu. Pembalap berjuluk El Diablo itu diketahui berhasil meraih kemenangan di Catalunya pada 2020.

Itu jadi kemenangan keduanya yang diraih di Sirkuit Catalunya. Sebelumnya, Quartararo pernah meraih kemenangan di kelass Moto2 pada 2018. Dengan sederet bekal positif ini, Quartararo bisa menjelma menjadi penguasa balapan MotoGP Catalunya 2021.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini