Mengenal Play-In Tournament di NBA, Kesempatan Terakhir untuk Tampil di Playoff

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 36 2412061 mengenal-play-in-tournament-di-nba-kesempatan-terakhir-untuk-tampil-di-playoff-mEdjzmtQaD.jpg Bagan Play-In Tournament NBA 2020-2021. (Foto: Twitter/NBA)

MULAI hari ini, Rabu (19/5/2021) babak play-in tournament NBA 2020-2021 akan berlangsung. Lantas apa itu babak play-in tournament?

Dalam kompetisi NBA, hanya enam tim besar dari masing-masing wilayah yang dapat melaju langsung ke babak playoff. Namun, baik dari wilayah Timur dan Barat masih memerlukan dua tim lagi untuk bisa memulai babak playoff tersebut.

Untuk mencari dua tim terakhir itu, maka dilakukanlah pertandingan play-in tournament sebelum babak playoff berlangsung. Lantas siapa saja tim-tim yang bakal bermain di babak play-in tournament atau sebuah cara terakhir untuk tampil di playoff?

Jika peringkat enam besar menjadi pihak yang langsung lolos ke babak playoff, maka play-in dimainkan oleh tim-tim yang berada di posisi ketujuh hingga ke-10 dari masing-masing wilayah Timur dan Barat.

Baca Juga: Ini 8 Tim yang Tampil di Play-In Tournament NBA 2020-2021

Road to Playoff NBA 2020-2021

Nantinya empat tim peringkat ketujuh sampai ke-10 itu akan kembali bertarung untuk memperebutkan empat tiket terakhir, dua untuk wilayah Barat dan dua lagi untuk Timur, ke babak playoff.

Cara menentukan dua tim yang akan lolos dari play-in tournament itu pun bisa dikatakan cukup unik karena keempat tim peringkat ketujuh sampai ke-10 tidak akan saling bertemu untuk mencari kemenangan terbanyak.

Dalam babak play-in tournament itu, peringkat ketujuh akan melawa posisi kedelapan di klasemen wilayah. Siapa pun yang menang, maka tim tersebut otomatis langsung menuju ke babak playoff dan lawannya pun sudah ditentukan.

Pemenang duel peringkat ketujuh vs kedelapan itu bakal melawan peringkat kedua di klasemen akhir wilayah pada babak playoff. Lalu, yang kalah dari duel peringkat ketujuh vs kedelapan nantinya masih memiliki harapan untuk lolos ke babak playoff.

Sebab yang kalah masih perlu bertanding melawan pemenang duel peringkat kesembilan vs ke-10. Dari pertandingan itu, yang menang pun lolos ke babak playoff dan akan berhadapan langsung dengan peringkat pertama dari klasemen wilayah mereka.

Jadi, peringkat ketujuh dan kedelapan sangat diuntungkan di babak play-in tournament lantaran mereka memiliki setidaknya dua kesempatan untuk lolos ke babak playoff. Jika kalah di percobaan pertama, mereka masih bisa berjuang di percobaan kedua.

Sedangkan bagi penghuni peringkat kesembilan dan ke-10, mereka harus menang dua kali untuk bisa memastikan diri melaju ke babak playoff. Kalah sekali saja berarti game over untuk mereka.

Lakers vs Pelicans

Ambil contoh, dari play-in tournament wilayah Barat NBA 2020-2021. Andai LA Lakers yang berada di urutan ketujuh di klasemen mampu menang atas Golden State Warriors yang finis di posisi kedelapan, maka mereka melaju ke playoff.

Lakers yang lolos ke babak playoff lewat jalur play-in itu pun langsung berhadapan dengan peringkat kedua, yakni Phoenix Suns di di babak playoff tersebut. Warriors yang kalah masih akan bertarung dengan pemenang Memphis Grizzlies vs San Antonio Spurs.

Andai kata kali ini Warriors mampu menang, maka tim tersebut lolos ke babak playoff dan langsung berhadapan dengan peringkat pertama dari wilayah Barat, yang mana adalah Utah Jazz.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini