Kocak, Quartararo Salah Masuk Garasi saat Lakoni Balapan MotoGP Prancis 2021

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 38 2411322 kocak-quartararo-salah-masuk-garasi-saat-lakoni-balapan-motogp-prancis-2021-Tqy4kvMWoO.jpg Momen Quartararo hendak berganti motor di MotoGP Prancis 2021. (Foto: MotoGP)

LE MANS – Balapan MotoGP Prancis 2021 dipenuhi berbagai kejutan, salah satunya adalah berkibarnya bendera putih yang menandakan para pembalap harus berganti motor di tengah race. Balapan flag-to-flag itu lantas membuat sejumlah pembalap kelimpungan, salah satunya adalah Fabio Quartararo.

Bagi Quartararo, kejadian di Sirkuit Le Mans, Prancis pada Minggu 16 Mei 2021 itu adalah pengalaman pertamanya merasakan flag-to-flag race. Ia sebelumnya tak pernah merasakan berganti motor ketika balapan sedang berlangsung.

Perintah untuk mengganti motor di MotoGP Prancis 2021 itu pun terjadi karena kondisi lintasan yang tiba-tiba diguyur hujan. Sehingga mau tak mau para pembalap pun harus mengganti motor yang tentunya sudah disiapkan di garasi tim dengan menggunakan ban bertipe wet atau basah.

Baca Juga: Bos Yamaha Puji Performa Fabio Quartararo di MotoGP Prancis 2021

Fabio Quartararo

Ketika bendera putih berkibar di Sirkuit Le Mans, balapan saat itu sedang memasuki lap keenam. Banyak pembalap yang sudah hampir mencapai garis finis lantas berbelok untuk masuk ke pit dan berganti motor.

Dengan kepanikan yang terjadi, baik dari para pembalap dan kru yang berada di garasi membuat pergantian motor terlihat sangat heboh. Jadi, tak heran ada banyak sekali kesalahan yang dibuat oleh rider ketika hendak mengganti motor tersebut.

Salah satunya tentu adalah Quartararo. Pembalap Monster Energy Yamaha itu terlihat kebingungan sampai salah masuk garasi rider lain.

Tepatnya Quartararo justru berhenti di garasi milik rekan setimnya, yakni Maverick Vinales. Tentu Quartararo bisa salah lantaran corak motor dan warna baju timnya sama dengan Vinales.

Untungnya Quartararo dengan sigap menyadari kesalahannya itu dan langsung berlari ke motor barunya. Namun, kesalahan Quartararo itu harus dibayar mahal karena ia terkena hukuman untuk melakukan long lap penalty.

Fabio Quartararo

Quartararo yang awalnya sedang memimpin balapan MotoGP Prancis 2021 itu terpaksa harus mengikuti long lap penalty dan membuat posisinya tersalip oleh rider Ducati Lenovo, Jack Miller. Tak hanya itu, ia pun jadi tergusur juga oleh Johann Zarco (Pramac Ducati).

Alhasil, Quartararo harus rela mengakhiri balapan seri kelima MotoGP 2021 itu dengan berada di urutan ketiga. Ia kalah dari Zarco dan Miller yang berhasil memenangkan balapan GP Prancis itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini