Masih Belum Final, Ross Brawn: Format Balapan Baru di F1 Masih Bisa Dibatalkan

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 37 2401912 masih-belum-final-ross-brawn-format-balapan-baru-di-f1-masih-bisa-dibatalkan-YjV3uYWTap.JPG Para pembalap F1 di GP Emilia Romagna 2021. (Foto: Reuters)

PARIS – Beberapa hari yang lalu penggemar balapan Formula One (F1) dihebohkan dengan diresmikannya format balapan baru yang bakal diuji coba pada musim 2021 ini. Namun, Direktur Manajer F1, Ross Brawn memastikan semua keputusan itu masih belum final jadi ada kemungkinan format sprint qualifying itu akan dibatalkan.

Seperti yang diketahui, FIA pada Senin 26 April 2021 kemarin telah mengizinkan F1 untuk melakukan uji coba format balapan pendek atau sprint qualifying di tiga balapan musim ini. Format baru itu dianggap Brawn dapat meningkatkan daya tarik dari balapan F1 itu sendiri.

Jadi, pihak penyelenggara F1 mau balapan pendek itu sebagai penentu grid untuk race sesungguhnya yang berlangsung pada hari Minggu.

Balapan yang berlangsung 100 kilometer itu pun akan menggantikan sesi kualifikasi yang biasanya menjadi penentu posisi start untuk balapan di hari Minggu-nya.

Baca Juga: Ross Brawn Yakin Sprint Qualifying Bakal Buat Kompetisi F1 Makin Menarik

Direktur Manajer F1, Ross Brawn

Nantinya sprint qualifying itu tanpa ada pit stop dan selebrasi kemenangan meski tiga tercepat menyentuh garis finis bakal mendapatkan poin. Dengan format yang baru, hanya akan ada dua sesi latihan bebas. Masing-masing satu sesi di hari Jumat dan Sabtu.

Pastinya F1 berharap format baru itu bisa meningkatkan kualitas dari ajang balapan mereka. Namun, tentunya banyak pihak yang justru tak suka dengan perubahan yang terjadi di pekan balapan F1 tersebut.

Mendengar ada yang kontra, Brawn pun memastikan bahwa keputusan perubahan format balapan yang baru itu belum final alias masih bisa dibatalkan. Karena itulah mereka hanya melakukan uji coba di tiga balapan saja di F1 2021.

Brawn memastikan pihak penyelenggara akan melihat dan menilai seberapa efektif format balapan yang baru itu saat uji coba telah dilakukan. Setelah itu keputusan barulah diambil.

“(Salah satu tantangannya adalah) menemukan format yang memiliki keseimbangan yang tepat antara memberi kami kesempatan untuk menjalani sesi di hari Jumat dan Sabtu yang menarik. Format balapan yang lebih pendek tentunya tidak mengurangi apa pun dari acara utama,” kata Brawn, melansir dari Crash, Rabu (28/4/2021).

Format baru balapan F1 2021

“Kami harus menemukan keseimbangan itu. Setiap orang memiliki pendapat berbeda tentang seperti apa seharusnya itu terlihat. Ini juga tentang menemukan solusi ekonomi dan logistik yang tidak terlalu memengaruhi tim,” sambungnya.

“Pembalap berpikiran terbuka tentang format baru dari kami. Itu tentu yang kami minta, agar para pembalap tetap berpikiran terbuka sehingga kami dapat mengevaluasi format baru ini dan kemudian kami memutuskan apakah di masa depan hal tersebut akan menjadi fitur tetap di balapan F1 setiap musimnya. Jika tidak berhasil, maka kami angkat tangan dan kami akan berpikir ulang,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini