Teknik Rebound dalam Bola Basket

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 36 2395358 teknik-rebound-dalam-bola-basket-wVTQqAg3L2.jpg Ilustrasi Bola Basket

TEKNIK rebound dalam bola basket memiliki beberapa macam tahap. Istilah ini pun sering disebut ketika seorang pemain sedang menangkap atau mendapatkan bola pantul yang gagal masuk ke dalam ring.

Pada teknik rebound dalam bola basket, biasanya para pemain sering beradu fisik untuk mendapatkan si kulit bundar. Karena itu, keunggulan fisik dan kekuatan badan akan menjadi kunci untuk memenangkan bola rebound.

Basket

Rebound pun akan dipengaruhi jika pemain tersebut mendapatkan posisi yang baik. Sehingga teknik ini akan mengombinasikan kemampuan antara membacar arah bola rebound dan menggerakkan diri keluar dari penjagaan pemain lain.

Baca juga Janji Pemerintah Dukung Maksimal FIBA Asia Cup 2021 di Jakarta

Meski begitu, ada beberapa teknik yang diperhatikan dalam melakukan rebound. Pertama, Anda harus memastikan menemukan posisi yang bagus di lapangan. Sebelum melakukan tembakan dan melayangkan diri di udara, mendapatkan posisi yang pas sangatlah penting.

Baca juga Pivot dalam Bola Basket dan Fungsinya

Salah satu cara tepat agar Anda bisa menemukan tempat yang pas adalah memerhatikan tembakan rekan setim. Biasanya tembakan pertama belum tentu langsung masuk ring. Jadi pada posisi ini, kita harus bersiap-siap dan menemukan tempat yang pas.

Kedua, posisikan tubuh Anda serendah mungkin. Cara ini merupakan teknik tepat ketika Anda tidak melakukan tembakan. Lewat posisi jongkok, itu memungkinkan Anda untuk langsung menghalangi lawan ketika melompat. Namun, harus diperhatikan bahwa Anda tidak melakukan pelanggaran.

Ketiga, Anda bisa merentangkan tangan. Hal ini perlu Anda persiapkan untuk membuat jangkauan Anda dalam mengambil bola semakin luas. Bahkan lawan, pun akan berusaha menurunkan tangan Anda untuk menghalangi dalam melakukan rebound.

Ketika Anda mempersiapkan diri dengan sedikit berjongkok dan merentangkan belum cukup, maka ada cara lain. Untuk melakukan rebound, Anda harus menghalangi lawan dengan melakukan block. Hal itu diperlukan jika dua teknik sebelumnya tidak berjalan dengan baik.

Basket

Teknik kelima adalah melompat untuk menjemput bola. Tentu teknik ini harus Anda lakukan jika ingin mendapatkan bola rebound dengan cepat. Lakukan gerakan ini lebih agresif, agar lawan tidak mampu mengambil bola lebih dulu.

Terakhir, ada teknik mendapatkan bola rebound dengan menahan bola dekat dengan dada. Hal ini dilakukan untuk melindungi bola dari pemain lawan saat selesai melakukan lompatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini