Pivot dalam Bola Basket dan Fungsinya

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 36 2394882 pivot-dalam-bola-basket-dan-fungsinya-A1snN1K2Ui.jpg Berikut penjelasan pivot dan fungsinya (Foto:i2.wp)

PIVOT dalam bola basket merupakan teknik penting yang harus dikuasai tiap pemain. Teknik pivot sendiri adalah dengan melakukan gerakan memutar badan dengan bertumpu pada satu kaki sebagai porosnya sambil memegang bola basket.

Pivot dalam bola basket merupakan salah satu teknik dasar bola basket yang juga berhubungan dengan teknik baket lainnya dan itu juga wajib kita pelajari seperti dribbling, passing, lay up, shooting, bahkan teknik cara memegang bola basket yang benar juga harus dipelajari.

Saat melakukan gerakan pivot, kaki yang menjadi tumpuan tidak boleh bergeser dari tempat awal. Sebab hal ini akan termasuk dalam pelanggaran.

Gerakan memutar bagan sendiri bisa sampai 380 derajat. Pivot dilakukan oleh pemain bola basket dengan tujuan utamanya adalah untuk menyelamatkan bola agar tidak sampai direbut dan lepas ke tangan lawan.

Baca juga: 5 Cara Memegang Bola Basket, Apa Saja?

Sebab, dalam olahraga basket ini pemain yang telah memegang bola harus melakukan dribble tidak di perkenankan untuk bergerak tanpa melakukan drible sehingga untuk melindungi bola dari lawan di gunakan teknik Pivot ini.

Selain untuk mempertahankan penguasaan bola, berikut tujuan melakukan gerakan pivot

1. Mencari Celah

Pivot dilakukan oleh pemain basket untuk mencari celah terkait bola yang ingin dipassing atau ditembak. Gerakan memutar ini juga memungkinkan perubahan arah yang membuat ruang semakin terbuka.

2. Menunggu Teman


pivot sering dilakukan untuk menunggu rekan tim yang bergerak tanpa bola untuk mendapatkan tempat yang lebih baik untuk melakukan shooting atau passing. Pivot setelahnya diikuti dengan passing yang menghasilkan assist dan ruang tak terjaga pada rekan tim lain.

3. Menipu Lawan


Gerakan pivot digunakan ball handler untuk mengecoh penjagaan lawan sehingga mempermudah untuk mencetak angka jarak dekat

Menahan bola, pivot juga dilakukan dengan tujuan untuk menahan bola sambil berfikir terkait langkah selanjutnya yang akan diambil. Gerakan pivot memungkinkan tim untuk merevitalisasi strategi serangannya.

4. Untuk Bertahan

dalam hal defense pivot sering kali digunakan untuk melonggarkan pressing dari tim lawan. Dengan menggunakan pivot, pemain lain akan dapat menempati posisi yang lebih baik sehingga bola mudah dikuasai untuk step offense

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini