MotoGP Hadir di Indonesia pada 2022

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 38 2392212 motogp-hadir-di-indonesia-pada-2022-fCCXkXXD7q.jpg Sirkuit Mandalika (Foto: Twitter Crash)

HARAPAN publik Tanah Air untuk melihat aksi para pembalap MotoGP pada tahun ini tidak terwujud pada 2021. Sebab, MotoGP melalui instagram resminya, @motogp, secara tidak langsung mengonfirmasi, bahwa MotoGP Indonesia akan berlangsung pada 2022.

Sebagaimana diketahui, Indonesia telah mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah MotoGP sejak tahun lalu. Sirkuit Mandalika di kawasan wisata Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, merupakan tempat para pembalap MotoGP akan beradu kecepatan nantinya.

Sirkuit Mandalika (Foto: MotoGP)

Pembangunan Sirkuit Mandalika dan segala infrastruktur terus berjalan meski pandemi Covid-19. Proses pembangunan dikerjakan dengan maksimal agar MotoGP Indonesia 2021, yang masuk dalam daftar cadangan, bisa terselenggarakan.

Penyelengara MotoGP, Dorna Sports, dan FIM (Federasi Sepeda Motor Internasional) pun melakukan inspeksi pra-homologasi Sirkuit Mandalika. Dua organisasi itu diwakili Carmelo Ezpeleta (Direktur Eksekutif Dorna), Loris Capirossi (perwakilan pembalap Dorna), dan Franco Uncini (manajer keselamatan FIM).

BACA JUGA: Valentino Rossi Lebih Baik Pensiun jika Terus Terpuruk

Berdasarkan peninjauan itu diketahui, bahwa pembangunan Sirkuit Mandalika belum sempurna. Meski banyak hal yang harus dilakukan, Ezpeleta sudah tidak sabar untuk melihat para pembalap MotoGP beradu kecepatan di Sirkuit Mandalika.

BACA JUGA: Marc Marquez Tak Perlu Khawatir, Motor Honda Kencang Kok

“Tentu semua orang tahu, bahwa masih banyak yang harus dilakukan, tetapi kami tidak sabar melihat MotoGP di sini dan kami yakin para pembalap MotoGP akan bersenang-senang," kata Ezpeleta, mengutip dari Tuttomotoriweb, Jumat (9/4/2021).

Namun, Indonesia ternyata baru akan merasakan gemerlap MotoGP pada tahun depan. Hal itu diketahui melalui instagram MotoGP pada hari ini, Jumat (9/4/2021), yang mengunggah foto-foto pembangunan Sirkuit Mandalika.

“Kemajuan terus berlanjut di Sirkuit Jalan Internasional Mandalika! Semuanya sesuai jadwal saat #MotoGP hadir di Indonesia pada tahun 2022! #IndonesianGP #Motorcycle #Racing #Motorsport,” isi pada keterangan unggahan MotoGP, Jumat (9/4/2021).

Para pembalap MotoGP

Sementara itu, musim 2021 telah melangsungkan dua balapan, yaitu MotoGP Qatar 2021 dan MotoGP Doha 2021. Balapan selanjutnya, MotoGP Portugal 2021, akan berlangsung di Sirkuit Portimao, Minggu 18 April 2021.

Dua pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinvales dan Fabio Quartararo, menjadi unggulan di Sirkuit Portimao setelah memenangkan dua balapan sebelumnya. Akan tetapi, kejutan selalu bisa terjadi dalam balapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini