Valentino Rossi Bantah Saling Bantu dengan Bagnaia di Sesi Kualifikasi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 28 Maret 2021 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 38 2385446 valentino-rossi-bantah-saling-bantu-dengan-bagnaia-di-sesi-kualifikasi-277T2WWGoj.jpg Valentino Rossi berbincang dengan Pecco Bagnaia (Foto: MotoGP)

LOSAIL – Hasil positif diraih Valentino Rossi pada Kualifikasi MotoGP Qatar 2021, Minggu (28/3/2021) dini hari WIB. Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT itu membantah ada kesepakatan khusus antara dirinya dengan Francesco Bagnaia.

Pembalap Tim Ducati Corse itu mengakhiri sesi kualifikasi di posisi pertama. Pecco menorehkan catatan waktu tercepat 1 menit 52,722 detik. Dengan demikian, pembalap berkebangsaan Italia itu berhak memulai balapan dari posisi terdepan.

Baca juga: 5 Calon Pemenang MotoGP Qatar 2021, Valentino Rossi Jadi Kampiun?

Sementara itu, Valentino Rossi menyelesaikan babak kualifikasi di posisi empat. Pria berusia 42 tahun itu menorehkan waktu satu putaran tercepat 1 menit 53,114 detik. Ia terpaut 0,346 dari Francesco Bagnaia di posisi pertama.

Valentino Rossi mengekor Francesco Bagnaia (Foto: MotoGP)

Ternyata, keduanya terlihat saling membantu di atas lintasan. Dalam satu momen, terlihat Valentino Rossi membantu Pecco yang notabene anak didiknya. Ia melaju di depan demi memecah udara sementara Bagnaia memanfaatkan slipstream yang dihasilkan motor Vale.

Baca juga: Jadi Pembalap Tim Independen Terbaik, Valentino Rossi Salah Parkir

Manuver itu dikenal sebagai towing di dunia balap. Valentino Rossi seakan hendak membantu Pecco dengan meminimalkan hambatan udara. Dengan begitu, motor Francesco Bagnaia mendapat ‘udara bersih’ dan bisa melaju sekencang mungkin. Hal yang sama terjadi ketika Pecco berada di depan Rossi.

Ketika ditanyakan soal adanya kesepakatan terselubung untuk saling bantu, Valentino Rossi dengan tegas membantahnya. The Doctor memastikan hal itu terjadi begitu saja tanpa terencana di atas lintasan.

“Tidak, tidak ada kesepakatan apa pun dengan Pecco. Namun, kami melihat (kondisinya) di lintasan. Kali pertama, saya di depan, dan kemudian pada kesempatan kedua, gantian dia yang di depan,” papar Valentino Rossi, dikutip dari Crash, Minggu (28/3/2021).

“Saya harus ucapkan selamat padanya karena meraih pole position. Dia berkendara dengan bagus dan ini adalah cara sempurna memulai musim,” imbuh pembalap berkebangsaan Italia itu.

Valentino Rossi bersama Francesca Sofia Novello (Foto: IG/@francescasofianovello)

Kebetulan atau tidak, yang pasti laju Pecco Bagnaia pada sesi kualifikasi sungguh mengagumkan. Pembalap berusia 24 tahun itu mampu memacu motor Desmosedici GP20 miliknya hingga melaju 355,2 kilometer per jam (km/jam) di lintasan lurus!

Catatan tersebut tidak mengherankan. Sebab, Sirkuit Internasional Losail, Qatar, memang cukup ramah bagi Ducati. Muntahan tenaga besar dari Desmosedici GP sangat cocok untuk menaklukkan trek lurus sepanjang 1 kilometer (km) lebih di Losail.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini