5 Calon Pemenang MotoGP Qatar 2021, Valentino Rossi Jadi Kampiun?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 28 Maret 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 38 2385398 5-calon-pemenang-motogp-qatar-2021-valentino-rossi-jadi-kampiun-ZjV7kPlXvQ.jpg Valentino Rossi melakukan wheelie (Foto: MotoGP)

BALAPAN MotoGP Qatar 2021 siap digelar pada Senin 29 Maret dini hari WIB. Sirkuit Internasional Losail menjadi panggung pertunjukan keterampilan para pembalap motor terbaik di dunia.

Seri perdana ini dijamin berlangsung seru. Sebab, para pembalap ingin mencatatkan start yang bagus untuk mengarungi Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Meraih hasil positif jelas bakal menambah kepercayaan diri.

Lalu, siapa saja yang merupakan calon pemenang di MotoGP 2021, berikut ulasannya.

Baca juga: Zarco Pecahkan Rekor Top Speed MotoGP, Valentino Rossi Bilang Begini

1. Francesco Bagnaia

Pembalap Tim Ducati Corse ini punya peluang cukup besar untuk menjadi pemenang. Betapa tidak, Pecco bakal start dari urutan terdepan berbekal catatan waktu 1 menit 52,772 detik. Belum lagi, ia bersenjatakan motor Desmosedici GP20 yang cocok dengan sirkuit ini.

Sayangnya, Pecco harus mampu menghapus kutukan buruk pole sitter di Qatar. Hanya ada satu pemenang yang memulai balapan dari posisi terdepan dalam lima edisi terakhir.

Francesco Bagnaia melaju di Qatar (Foto: MotoGP)

2. Fabio Quartararo

Pembalap Tim Monster Energy Yamaha ini akan start dari posisi kedua. Sekali pun selisih waktunya dengan Bagnaia menyentuh 0,266 detik, peluang untuk menang cukup terbuka. Apalagi, musim lalu, El Diablo adalah pemenang seri perdana.

Ada sebuah keuntungan yang dikantongi Fabio Quartararo, yakni sejarah apik Yamaha di Qatar. Yamaha adalah pengoleksi kemenangan terbanyak di Qatar dengan total delapan kali. Bahkan, Yamaha mencatat tiga kemenangan beruntun pada 2015, 2016, dan 2017.

3. Maverick Vinales

Rekan setim Fabio Quartararo ini akan start dari posisi tiga. Maverick Vinales menorehkan catatan waktu tercepat 1 menit 53,088 detik atau terpaut 0,316 detik dari Pecco Bagnaia. Tentu, peluangnya untuk menang cukup terbuka.

Dari tiga penghuni baris pertama, hanya Maverick Vinales yang pernah mengecap manisnya kemenangan di Qatar. Hal itu terjadi pada MotoGP Qatar 2017 atau debutnya bersama Yamaha.

Maaverick Vinales pernah menang pada 2017 (Foto: Yamaha MotoGP)

4. Valentino Rossi

Meski sudah berumur, Valentino Rossi tetap perlu diperhitungkan. Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT itu akan memulai lomba dari posisi empat, dengan torehan waktu terbaik 1 menit 53,114 detik pada sesi kualifikasi.

Untuk saat ini, Valentino Rossi adalah pengoleksi kemenangan terbanyak di Qatar dengan total empat kali. Bisa dibilang, The Doctor paling berpengalaman dibanding yang lain. Peluangnya untuk menang cukup besar.

5. Jack Miller

Memulai lomba dari posisi lima, Jack Miller punya potensi menang. Pembalap berpaspor Australia itu mencetak waktu tercepat 1 menit 53,215 detik pada sesi kualifikasi. Modal tersebut cukup bagus untuk menuntaskan dahaga kemenangan sejak MotoGP Belanda 2016.

Jack Miller melaju di Qatar (Foto: MotoGP)

Sama seperti Bagnaia, Miller berbekal motor Desmosedici GP 20 yang cocok dengan Sirkuit Internasional Losail. Apalagi, Ducati adalah pemenang pada dua edisi terkini di sirkuit tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini