Jadi Pembalap Tim Independen Terbaik, Valentino Rossi Salah Parkir

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 28 Maret 2021 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 38 2385410 jadi-pembalap-tim-independen-terbaik-valentino-rossi-salah-parkir-GHpHwgd8es.jpg Valentino Rossi berjalan dari garasi ke parc ferme (Foto: Sepang Racing)

LOSAIL – Ada hal unik terjadi usai Kualifikasi MotoGP Qatar 2021, Minggu (28/3/2021) dini hari WIB. Valentino Rossi ngeloyor masuk garasi usai menyelesaikan babak kualifikasi pada posisi empat. Padahal, ia seharusnya memarkir motor di parc ferme.

Sesi kualifikasi di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, berlangsung sesuai prediksi. Pembalap-pembalap penunggang motor Ducati dan Yamaha mendominasi lima besar. Pole position diraih Francesco Bagnaia dari Tim Ducati Corse dengan torehan waktu tercepat 1 menit 52,772 detik.

Baca juga: 5 Calon Pemenang MotoGP Qatar 2021, Valentino Rossi Jadi Kampiun?

Empat dari penghuni lima besar berasal dari tim pabrikan. Satu-satunya pembalap dari luar tim pabrikan adalah Valentino Rossi yang menghuni posisi empat. Dengan demikian, The Doctor menjadi pembalap tim independen atau satelit terbaik.

Valentino Rossi diminta ke parc ferme (Foto: Twitter/@MotoGP)

Karena menjadi pembalap tim independen terbaik, maka Valentino Rossi seharusnya memarkir motor di parc ferme bersama penghuni tiga besar. Namun, pembalap berusia 42 tahun itu malah memarkir motornya di depan garasi Tim Petronas Yamaha SRT.

Baca juga: Zarco Pecahkan Rekor Top Speed MotoGP, Valentino Rossi Bilang Begini

“Ketika Anda terlalu lama menjadi pembalap tim pabrikan, kebiasaan lama tidak hilang,” cuit akun Twitter @MotoGP seraya mengunggah video Valentino Rossi.

“Valentino Rossi seharusnya berada di parc ferme sebagai pembalap tim independen dengan hasil kualifikasi terbaik, tetapi dia tidak menyadarinya!” lanjut unggahan tersebut.

Ya, sepertinya Valentino Rossi masih terbawa suasana berada di tim pabrikan. Andai finis keempat pada sesi kualifikasi, maka dirinya tak perlu ke parc ferme. Ia bisa langsung masuk garasi.

Dikarenakan Valentino Rossi adalah pembalap tim independen dengan hasil kualifikasi terbaik, maka ia harus berada di parc ferme. Hal serupa juga harus dilakukan bila Rossi nanti finis di luar tiga besar, tetapi berstatus pembalap independen terbaik.

Valentino Rossi melaju di Sirkuit Internasional Losail (Foto: MotoGP)

Sekadar informasi, secara resmi hanya ada enam tim pabrikan di MotoGP. Keenamnya adalah Monster Energy Yamaha, Repsol Honda, Suzuki Ecstar, Ducati Corse, KTM Red Bull, dan Aprilia Gresini.

Jika ada pembalap di luar enam tim itu yang finis maksimal di peringkat empat (atau finis terbaik), maka rider tersebut berhak memarkirkan motornya di parc ferme. Jangan lupa lagi, Valentino Rossi!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini