Maria Londa Berbagi Kisah soal Kariernya di Dunia Atletik, Akui Sempat Terpaksa

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 43 2384048 maria-londa-berbagi-kisah-soal-kariernya-di-dunia-atletik-akui-sempat-terpaksa-IsDI5WhwO5.jpg Maria Natalia Londa. (Foto: Instagram/@marianatalialonda7997)

JAKARTA – Atlet lompat jauh Indonesia, Maria Natalia Londa, berbagi kisah soal perjalanan kariernya di dunia atletik. Meski kini berhasil menorehkan prestasi gemilang hingga mencatatkan namanya menjadi salah satu atlet terbaik Indonesia di cabang olahraga atletik, Maria Londa mengaku sempat terpaksa untuk menjalaninya.

Atlet kelahiran 29 Oktober 1990 itu menceritakan bahwa perjalanan awalnya untuk berkecimpung di dunia atlet bukan dilakukan dengan keinginan hati sepenuhnya. Maria Londa melakukannya lebih karena dipaksakan oleh orangtua.

Maria Natalia Londa

Orangtuanya terus mengenalkan dirinya dengan dunia olahraga, khususnya atletik, dengan beragam cara. Salah satunya membawa langsung dia ke arena olahraga untuk melihat aksi-aksi atlet yang tengah beraksi.

Tetapi seiring berjalannya waktu, Maria Londa merasa tak lagi merasa terpaksa untuk menjalani karier sebagai atlet lompat jauh. Dia bahkan kini sangat mencintai pekerjaannya sebagai atlet lompat lari.

BACA JUGA: Maria Natalia Londa Akui Ada yang Berbeda di Hari Kemerdekaan RI saat Pandemi

“Awalnya dulu sebelum menjadi atlet, saya dipaksakan oleh orangtua. Tapi setelah saya berpikir, saat ini setelah dewasa, setelah saya menjadi atlet nasional, saya berpikir ternyata itu bukan paksaan tapi memang diarahkan oleh orangtua,” cerita Maria Londa dalam press conference virtual bersama ASICS, salah satu appareal olahraga, Kamis (25/3/2021).

BACA JUGA: Atlet-Atlet Terbaik Indonesia di Era Kepemimpinan Bob Hasan

“Saya diajak ke lapangan, diperlihatkan di lapangan itu bagaimana sih kehidupan seorang atlet. Jadi lambat laun, ikut kejuaraan, lalu juara. Sampai sekarang, saya akhirnya mencintai olahraga itu sendiri,” lanjut Maria Londa.

Maria Londa sendiri berhasil menorehkan prestasi gemilang di dunia atletik saat ini. Atlet asal Bali itu telah meraih medali emas dalam nomor pertandingan lompat jauh di Asian Games 2014 yang berlangsung di Incheon, Korea Selatan (Korsel).

Tak hanya itu, di pentas SEA Games, ada banyak sekali medali yang diraih Maria Londa. Beberapa di antaranya adalah lima medali emas dari nomor pertandingan lompat jauh dan triple jump. Medali itu diraih dalam keikutsertaannya di SEA Games 2013 Myanmar, 2015 Singapura, dan 2019 Filipina.

Meski berhasil menorehkan prestasi gemilang, Maria Londa mengaku perjalanan kariernya juga kerap kali dilanda hal tak menyenangkan. Salah satu duka yang dirasakannya adalah cedera. Itu menjadi tantangan besar karena akan menghambat proses latihan dan sebagainya.

Maria Natalia Londa

“Mungkin untuk tantangan atau suka dukanya jadi seorang atlet, kalau sukanya saat kita naik podium dapat medali. Kalau dukanya itu, yang jadi bumerang untuk semua atlet itu cedera,” jelas Maria Londa.

“Karena kalau kita cedera otomatis semua latihan terhambat dalam pemulihan juga berat. Cedera itu paling kita hindari. Bagaimana agar tidak cedera itu kita harus me-maintenance latihan,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini