Tak Cukup F1, Arab Saudi Juga Incar MotoGP

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 21 Maret 2021 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 21 38 2381309 tak-cukup-f1-arab-saudi-juga-incar-motogp-xbqPAiRkSb.JPG Balapan MotoGP Portugal 2020 (Foto: Reuters/Rafael Merchante)

RIYADH – Arab Saudi tidak mau berpuas diri setelah dipastikan menjadi tuan rumah Formula One (F1) pada 2021. Kini, mereka mengincar ajang balap motor paling bergengsi, MotoGP. Tentu saja, target itu bukan untuk musim ini, melainkan di masa depan.

F1 akan menyambangi Arab Saudi untuk pertama kalinya pada 2021. Balapan nantinya digelar di Sirkuit Jalan Raya Jeddah. Lintasan balap tersebut tengah dikebut pembangunannya oleh pihak-pihak terkait.

Baca juga: Masa Depan Lewis Hamilton di F1 Tak Ditentukan dari Gelar Juara Kedelapan

Tak cukup hanya F1. Pimpinan Federasi Otomotif Arab Saudi, Pangeran Khalid bin Sultan Al Faisal Al Saud, mengklaim tengah membidik kemungkinan menggelar balapan MotoGP. Alasannya sungguh simpel, ajang tersebut digemari oleh penduduk Arab Saudi.

Rencana pembangunan kawasan Sirkuit Qiddiya (Foto: Situs resmi Qiddiya)

Berbeda dengan F1, ajang balapan MotoGP direncanakan digelar di Sirkuit Qiddiya. Pangeran Khalid mengakui, pihaknya tengah mengembangkan Kota Qiddiya menjadi sebuah kota balapan dengan membangun sirkuit multifungsi.

Baca juga: Marco Melandri Favoritkan Fabio Quartararo Juarai MotoGP 2021

“Kami ingin menjadi tuan rumah semua ajang balapan terbaik dan MotoGP adalah salah satu yang paling digemari masyarakat Arab Saudi,” tutur Pangeran Khalid, dikutip dari Crash, Minggu (21/3/2021).

“Kami sedang membangun kota balapan di Qiddiya, dengan lebih dari 10 sirkuit untuk reli, motocross, demi kompetisi-kompetisi terbaik di dunia. Tentu saja, kami akan dengan senang hati menyelenggarakan MotoGP karena balapan-balapan yang seru,” imbuhnya.

Jika ambisi itu terwujud, Arab Saudi akan menjadi negara Timur Tengah kedua yang menyelenggarakan balapan MotoGP. Negara pertama adalah Qatar yang sudah menjadi tuan rumah sejak 2004. Bahkan, Sirkuit Internasional Losail mendapat kehormatan sebagai pembuka musim.

Ambisi Arab Saudi itu klop dengan keinginan Dorna Sports (pemegang lisensi MotoGP) untuk melebarkan sayap ke negara-negara baru. CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengakui ada banyak negara yang mengantre untuk menjadi tuan rumah MotoGP.

Sirkuit Internasional Losail di Qatar (Foto: MotoGP)

Belum lama ini, Dorna menjalin kontrak kerja sama dengan Pemerintah Hungaria untuk menggelar balapan di Debrecen. Sementara itu, dua negara, yakni Finlandia dan Indonesia, sudah masuk dalam kalender balap MotoGP 2021.

Untuk Finlandia, Sirkuit Kymi Ring masih memerlukan sertifikasi dari FIM dan Dorna Sports. Sedangkan Indonesia masuk dalam daftar cadangan tuan rumah MotoGP 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini