7 Pembalap yang Pernah Menang di MotoGP Qatar, Valentino Rossi Teratas?

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 38 2380492 7-pembalap-yang-pernah-menang-di-motogp-qatar-valentino-rossi-teratas-0QqEGvxaNf.jpg Valentino Rossi. (Foto: MotoGP)

MOTOGP Qatar bakal kembali jadi seri pembuka pada musim 2021. Perlombaan yang berlangsung di Sirkuit Losail itu akan digelar pada 28 Maret 2021. Balapan ini akan sangat dinantikan karena selain jadi seri pembuka, ada kiprah sejumlah pembalap yang dinilai bisa sangat fantastis.

Salah satunya tentu saja Jack Miller karena sudah tampil begitu kompetitif di tes pramusim. Selain itu, ada juga nama Marc Marquez yang penampilannya akan sangat dinantikan karena MotoGP Qatar bisa jadi momen comeback-nya.

BACA JUGA: Bukan Valentino Rossi, Pernat Sebut Dovizioso Satu-satunya Rival Marc Marquez

Kiprah Marquez pun bikin penasaran, apakah dirinya bisa langsung kompetitif saat comeback? Marquez sendiri tetap punya kans melakukannya karena pernah menang di Qatar. Tetapi, Marquez bukanlah pembalap paling banyak menang. Lalu, siapa sosok tersebut? Berikut tujuh pembalap yang pernah menang di MotoGP Qatar.

BACA JUGA: Tak Jadi Nganggur, Pernat: Dovizioso Incar Wildcard di MotoGP 2021

5. Sete Gibernau, Marc Marquez, dan Maverick Vinales

Ada sejumlah pembalap yang pernah meraih kemenangan di MotoGP Qatar, tetapi jumlahnya tak banyak. Mereka ialah Sete Gibernau, Marc Marquez, dan Maverick Vinales yang sama-sama mengantongi satu kemenangan.

Marc Marquez

Sete Gibernau melakukannya di MotoGP Qatar 2004. Kemudian, Marc Marquez melakukannya pada 2014. Terakhir, ada Maverick Vinales yang mengumpulkan satu kemenangan di MotoGP Qatar, tepatnya pada 2017.

Maverick Vinales

Kini, dua dari tiga nama itu masih berpeluang untuk menambah jumlah kemenangannya. Ya, hanya Marquez dan Vinales yang bisa melakukannya pada musim ini karena masih aktif menjadi pembalap MotoGP, sementara Gibernau sudah pensiun.

4. Andrea Dovizioso

Selanjutnya, ada nama Andrea Dovizioso. Pembalap asal Italia ini mengoleksi jumlah kemenangan lebih banyak dari Marc Marquez saat tampil di MotoGP Qatar. Dia meraih total dua kemenangan. Podium pertama di Losail diraih pada gelaran MotoGP 2018.

Andrea Dovizioso

Kemudian, tren positifnya berlanjut ke gelaan MotoGP 2019 dengan kembali meraih kemenangan. Pada musim 2019, kemenangannya diraih lewat duel sengit melawan Marquez. Catatan waktunya saat menyentuh garis finis hanya terpaut 0,023 detik dari Marquez.

3. Jorge Lorenzo

Kemudian, ada nama Jorge Lorenzo. Dia telah meraih tiga kemenangan di MotoGP Qatar. Hal itu tepatnya terjadi pada musim 2012, 2013, dan 2016.

Jorge Lorenzo

Tiga kemenangan ini semakin mengukuhkan kejayaan Lorenzo di Sirkuit Losail. Sebelumnya, dia juga sukses meraih tiga kemenangan yang didapat di kelas 250 cc dan 125 cc. Dua kemenangan didapat di kelas 250 cc pada 2006 dan 2007, sementara satu lagi di kelas 125 cc pada 2004.

2. Casey Stoner

Di urutan kedua, ada nama Casey Stoner. Pembalap kebanggaan Australia yang satu ini total sudah mengemas empat kemenangan di MotoGP Qatar!

Casey Stoner

Tiga dari empat kemenangan itu bahkan diraih Stroner secara beruntun, yakni pada 2007, 2008, dan 2009. Satu kemenangan lagi didapatnya pada 2011. Tetapi kini, Stoner tak bisa lagi menambah jumlah kemenangannya di MotoGP Qatar karena sudah memilih pensiun.

1. Valentino Rossi

Terakhir, ada nama Valentino Rossi. Ya, pembalap gaek di MotoGP ini berhasil mengukir karier fantastis di pentas ajang balap motor grand prix, termasuk saat mentas di Sirkuit Losail.

Valentino Rossi

Valentino Rossi total sudah mengemas empat kemenangan di MotoGP Qatar. Kemenangan itu didapatnya pada 2005, 2006, 2010, dan 2015. Meski jumlahnya sama dengan Stoner, nasib Rossi berbeda dengan pembalap asal Australia itu.

Rossi masih punya peluang menambah jumlah kemenangannya karena masih aktif mentas di MotoGP. Hal itu pun berpeluang dilakukan The Doctor -julukan Rossi- pada gelaran MotoGP Qatar 2021 yang digelar akhir pekan ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini