4 Pengprov POBSI Yakin Atletnya Melaju ke Final Turnamen Biliar Hot Nine

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 43 2379431 4-pengprov-pobsi-yakin-atletnya-melaju-ke-final-turnamen-biliar-hot-nine-CScO44q0JP.jpg Turnamen biliar Hot Nine. (Foto/MPI)

BANDUNG - Empat pebiliar terbaik melaju ke babak semifinal Turnamen 9 Ball Hot Nine yang akan disiarkan secara langsung oleh iNews pada Sabtu, 20 Maret 2021 pukul 19.30 - 20.30 WIB dan pukul 20.30 - 21.30 WIB.

Keempat atlet itu berasal dari 4 daerah berbeda yaitu Tisa Anggun dari Jawa Barat, Echa Sudarto dari Banten, Angeline Ticoalu dari Jawa Tengah dan Fathrah Masum dari DKI Jakarta.

Musdy Saefudin, Sekretaris Umum sekaligus Kepala Pelatih Pengprov POBSI Jawa Barat mengaku bangga Tisa Anggun lolos ke babak semifinal Hot Nine. Ia yakin Tisa akan lolos ke babak final. Menurut Musdy, Tisa adalah atlet andalan Jawa Barat yang kaya pengalaman, memiliki kemauan keras tapi tetap tekun berlatih dan tenang dalam mengambil keputusan.

Baca juga: Ini Dia 4 Pebiliar Putri Semifinalis Turnamen Biliar Hot Nine

“Meskipun lawan yang dihadapi Angeline di semifinal, kalau Lolos akan menghadapi Fathrah atau Echa yang dua-duanya notabene Peraih Perak Sea Games menurut saya Tisa harus tetap percaya terhadap kemampuan sendiri, jangan pernah takut siapa lawan mu tapi percaya kepada hasil latihan,” demikian Musdy menjelaskan.

Foto/MPI

Sementara itu dari Jawa Tengah Ketua Umum Pengprov POBSI Jawa Tengah, Willyanto mengatakan Angel adalah salah seorang atlet andalan Jawa Tengah. Keberhasilannya lolos ke semifinal ajang bergengsi ini diharapkan menambah rasa percaya diri dalam menghadapi PON di Papua. Angel ditargetkan meraih medali emas pada PON di Papua agar Jawa Tengah mampu mempertahankan gelar juara umum yang diraih di PON XIX di Jawa Barat

“Semua lawan tentunya berat karena ini sudah di babak semifinal apalagi sistem pertandingannya race to 3 dimana dalam race yang sangat pendek ini peluang menjadi seimbang ditambah dengan diberlakukannya Golden Break. Namun melihat statistik prestasi yang ada, lawan terberat adalah Fathrah Masum (DKI). Memang diprediksi Angel akan berhadapan dengan Fathrah Masum di partai final.”

Optimisme untuk menjadi juara disampaikan M. Azhari Tanjung, Sekum POBSI DKI Jakarta yang meloloskan atlet unggulan Fathrah Masum ke babak semifinal.

Menurut Azhari, ini adalah 4 atlet terbaik karena sudah berhasil melewati babak-babak sebelumnya dan mengalahkan lawan-lawannya yang juga pebiliar-pebiliar terbaik di tanah air.

“Prediksi kami Fathrah bisa mencapai babak Final. Kami pikir siapa pun lawan di final, mereka pastinya atlet yang terbaik karena sudah melewati babak sebelumnya menghadapi atlet-atlet putri terbaik di Indonesia. Jadi siapapun lawan nya harus bermain dengan teliti dan konsentrasi yang tinggi, sehingga untuk menjadi juara pada ajang Hot Nine ini bisa terwujud.”

Dari Banten, Andreas Nataliano, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov dan Pelatih Kepala POBSI Banten mengungkapkan kesiapan atletnya, Echa Sudarto menghadapi semifinal ini. Menurut Andreas, kemampuan Echa tidak kalah dengan lawannya. Kemampuan untuk fokus dan ketelitian Echa harus diperhitungkan lawan-lawannya.

“Apalagi di Hot Nine hanya mencari 3 kemenangan, apa aja bisa terjadi di meja. Untuk fokus dan ketelitian Echa harus diperhitungkan tanpa harus meremehkan lawan. Ini akan menjadi pertandingan yang sangat seru dan semoga keberuntungan ada di tangan Echa,” ujar Andreas

Ia menegaskan meskipun saat ini hanya berlatih mandiri di tengah pandemi Covid-19 tapi dengan lolosnya Echa ke semifinal ini membuktikan bahwa Banten siap untuk turun ke PON XX Papua.

Babak semifinal turnamen Hot Nine akan disiarkan secara langsung oleh iNews pada Sabtu, 20 Maret 2021. Pertandingan pertama pukul 19.30 - 20.30 WIB akan saling berhadapan Angeline Ticoalu dan Tisa Anggun. Sedangkan di pertandingan kedua pukul 20.30 - 21.30 WIB Echa Sudarto berhadapan dengan Fathrah Masum.

Melihat prestasi keempat pebiliar ini dipastikan pertandingan semifinal akan berlangsung seru. Mereka adalah sebagian dari atlet unggulan dari cabang olah raga biliar di Indonesia.

Saksikan Babak Semifinal Turnamen Biliar 9 Ball Hot Nine Sabtu, 20 Maret 2021 pukul 19.30 - 20.30 WIB di stasiun televisi milik MNC Group, iNews. Program yang dipandu oleh Rendra Soedjono dan Nova Elisa ini juga dapat diikuti melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini