5 Calon Juara MotoGP 2021, Marc Marquez Masuk Persaingan?

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 38 2378588 5-calon-juara-motogp-2021-marc-marquez-masuk-persaingan-U45u3zgnn4.jpg Para pembalap MotoGP. (Foto: MotoGP)

AJANG MotoGP 2021 bakal segera bergulir. Tepatnya, balapan seri perdana akan digelar pada akhir bulan ini di Sirkuit Losail, Qatar. Jelang bergulirnya MotoGP 2021, sejumlah nama pembalap pun difavoritkan menjadi juara.

Kiprah selama musim lalu dan juga di tes pramusim MotoGP 2021 yang baru saja rampung digelar pada pekan lalu menjadi penyebab sejumlah nama ini difavoritkan juara. Sayangnya, pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, tampak tak masuk persaingan gelar juara karena memang kehadirannya di MotoGP 2021 sendiri masih diragukan.

BACA JUGA: Akrab dengan Valentino Rossi, Morbidelli: Dia Tetap Jadi Rival saat Bekerja

BACA JUGA: Meski Getol Berlatih, Marc Marquez: Belum Bisa Janji Tampil di Seri Pembuka

Lalu, tanpa nama Marc Marquez sejauh ini, siapa saja pembalap yang difavoritkan juara MotoGP 2021? Berikut lima di antaranya.

5. Joan Mir

Salah satu pembalap yang difavoritkan juara pada musim ini, tentu saja Joan Mir. Pembalap Tim Suzuki Ecstar ini sudah tampil menggila sejak musim lalu hingga akhirnya menyabet gelar juara perdananya di MotoGP sekaligus menghentikan puasa panjang Suzuki.

Joan Mir

Dengan kegemilangannya di musim lalu, Mir difavoritkan bisa kembali merebut gelar juara MotoGP pada 2021. Tetapi, Mir tampaknya perlu mempersiapkan diri jauh lebih matang lagi sebelum perlombaan dimulai. Sebab, kiprahnya di tes pramusim tak terlalu manis.

Pembalap asal Spanyol itu hanya bisa menempati urutan ketujuh dalam daftar hasil keseluruhan tes pramusim MotoGP 2021 di Qatar untuk jilid kedua. Catatannya terpaut hingg 0,644 detik dengan Jack Miller yang keluar sebagai tercepat.

4. Franco Morbidelli

Selanjutnya, ada nama Franco Morbidelli. Sama seperti Mir, Franco Morbidelli juga tampil begitu mengesankan di MotoGP 2020. Pembalap asal Italia itu keluar sebagai runner-up di MotoGP 2021 usai beberapa kali menaiki podium.

Franco Morbidelli

Musim ini, Morbidelli pun dipercaya bisa melanjutkan kinerja apiknya. Meski tak menggunakan motor keluaran terbaru dari Yamaha, dia tetap percaya diri karena telah merasakan hal tersebut sejak musim lalu.

3. Alex Rins

Berikutnya, kembali ke Suzuki Ecstar, ada nama Alex Rins. Ya, rekan setim Mir ini juga menjadi favorit juara di MotoGP 2021. Nama Rins dinilai perlu turut dipertimbangkan karena tampil memukau dalam beberapa musim terakhir.

Alex Rins

Musim lalu, Rins bisa menempati urutan ketiga di klasemen akhir pembalap. Posisi ini dihuni olehnya, meski sempat memulai musim dalam kondisi cedera yang cukup parah.

Kini, dengan kondisi yang jauh lebih bugar, Rins pun dipercaya bisa berbicara lebih banyak lagi. Soal kiprahnya di tes pramusim MotoGP 2021 sendiri, dia diketahui hanya bisa mengisi posisi kedelapan dalam uji coba jilid kedua.

2. Fabio Quartararo

Berikutnya, ada nama Fabio Quartararo. Sosok pembalap yang satu ini sejatinya sudah difavoritkan menjadi juara sejak musim lalu. Sayangnya, Quartararo gagal memenuhi penilaian publik pada musim lalu lantaran aksinya yang tak konsisten.

Fabio Quartararo

Garang di awal musim, Quartararo justru tampil melempem setelahnya hingga kehilangan peluang menjadi juara. Tetapi musim ini, pembalap asal Prancis itu dipercaya bisa membuat gebrakan besar dan membayar lunas penampilan buruknya di MotoGP 2020.

Sebab, Quartararo akan membela tim pabrikan Yamaha pada musim ini sehingga bakal lebih mendapat dukungan. Quartararo juga sudah berhasil unjuk gigi di tes pramusim dengan bertengger di urutan ketiga dalam hasil keseluruhan tes pramusim.

1. Jack Miller

Terakhir, ada nama Jack Miller. Mungkin kehadiran pembalap ini dalam daftar favorit juara MotoGP 2021 agak dipertanyakan. Sebab, Jack Miller sendiri kesulitan berbicara banyak dalam beberapa musim terakhir.

Jack Miller

Tetapi musim ini, penampilannya diyakini akan sangat berbeda. Sebab, Miller bakal membela tim pabrikan Ducati dan mendapat dukungan lebih besar di MotoGP 2021.

Pembalap asal Australia itu sendiri telah membuktikan bahwa perubahan yang dialami musim ini bisa menunjukkan pengaruh terhadapnya. Terbukti, Miller menyabet status sebagai yang tercepat di tes pramusim MotoGP 2021 dengan catatan wkatu 1 menit 53,183 detik. Catatan waktu ini juga membuatnya memecah rekor Marc Marquez dalam tes di MotoGP.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini