Demi Prestasi Tertinggi, Indonesia Segera Miliki Desain Besar Olahraga Nasional

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 43 2378133 demi-prestasi-tertinggi-indonesia-segera-miliki-desain-besar-olahraga-nasional-cCZl6AWxDn.jpg Zainudin Amali (Foto: Okezone/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mengatakan bahwa Indonesia akan segera memiliki desain besar olahraga Nasional dalam waktu dekat. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mengkaji peningkatan olahraga nasional di kancah dunia.

Pada keterangannya usai menjalani Rapat Terbatas dengan Jokowi, Zainudin mencoba menggambarkan tentang desain besar olahraga nasional tersebut. Ia mengatakan bahwa desain tersebut akan memberikan panduan perencanaan di bidang olahraga mulai dari hulu hingga hilir.

Zainudin Amali

"Usia negeri ini sudah (menjelang) 76 tahun, tapi kita belum mempunyai Desain Besar. Bapak Presiden meminta kepada kami untuk melakukan review total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional, penggunaan big data, dan menjadikan sport science sebagai unsur utama di dalam pembinaan olahraga nasional,” ucap Zainudin, Senin (15/3/2021).

Baca juga Tak Ada Lagi Penundaan, Menpora Pastikan PON XX Papua Berlangsung Oktober 2021

Sejumlah pihak yang terlibat dalam olahraga nasional akan ikut ambil bagian dalam desain tersebut. Sebut saja seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI, National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI).

Bahkan bukan hanya itu, perguruan tinggi, akademisi, hingga praktisi olahraga akan dilibatkan dalam desain ini. Bersama mereka, Kemenpora akan melakukan uji publik desain keolahragaan nasional dan memperoleh masukan-masukan yang digunakan selama proses pengambilan desain.

Baca juga PON XX Papua Siap Digelar Oktober, Jokowi Minta Seluruh Kontingen Divaksin

"Pada intinya Desain Besar ini diterima. Tentu ada tambahan di sana-sini, ada masukan dari beberapa menteri yang hadir. Ini akan kami jadikan bahan untuk melengkapi lagi," tuturnya.

Desain Besar tersebut berbicara dari sumber potensi talenta, yakni para siswa dari tingkat SMP, hingga pelatihan yang bertujuan untuk membentuk atlet-atlet nasional yang tangguh. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kemenpora berencana untuk membangun 10 sentra pemusatan latihan di sejumlah daerah.

"Sentra-sentra ini akan berisi anak-anak kita yang potensinya sudah terseleksi di usia SMP. Selanjutnya di usia SMA kita akan dorong ke Cibubur, tempat SKO (Sekolah Khusus Olahraga) kita sekarang," kata Zainudin.

"Kami juga sedang mempertimbangkan untuk menjadikan Hambalang sebagai tempat untuk sentra atlet senior dan atlet-atlet kita yang sudah siap untuk bertanding," imbuhnya.

Zainudin Amali

Desain Besar ini juga menargetkan agar atlet-atlet Indonesia pada tahun 2032 mendatang mampu bersaing dengan atlet-atlet negara lain dalam penyelenggaraan olimpiade dan paralimpiade di tahun tersebut. Apalagi di tahun 2032, Indonesia tengah mengajukan diri sebagai tuan rumah olimpiade.

"Desain Besar ini akan kita dorong karena ini adalah perencanaan tentang prestasi olahraga nasional kita yang jangka panjang dan terdesain dengan bagus. Tidak ada prestasi yang kita dapatkan by accident, prestasi harus kita dapatkan dengan by design," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini