Tak Ada Lagi Penundaan, Menpora Pastikan PON XX Papua Berlangsung Oktober 2021

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 43 2377984 tak-ada-lagi-penundaan-menpora-pastikan-pon-xx-papua-berlangsung-oktober-2021-tO9AmNPgOK.jpg Logo PON 2021 (Foto: Laman resmi PON XX Papua)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, memastikan bahwa gelaran PON XX yang berlangsung di Papua akan berlangsung pada 2021. Ia menegaskan takkan ada lagi penundaan setelah tahun lalu gagal terlaksana.

Zainudin menyampaikan hal tersebut dalam keterangan pers terkait Rapat Terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta pada 15 Maret 2021. Pada rapat tersebut, hadir pula Gubernur Papua, Lukas Enembe untuk menyampaikan laporan tentang kesiapan PON XX.

PON XX

Berdasarkan laporan dari kedua belah pihak, PON XX telah siap digelar. Karena menilik pada aspek tersebut, maka Presiden Jokowi pun memberikan arahan untuk ajang multievent olahraga terbesar se-Indonesia itu bisa digelar pada 2-15 Oktober 2021.

Baca juga PON 2021 Papua Angkat Tagline: Torang Bisa

“Beliau (Lukas Enembe) menyampaikan bahwa prinsipnya semuanya sudah siap dan kami juga melaporkan. Maka pelaksanaan PON 20 itu (akan berlangsung) pada tanggal 2 Oktober sampai dengan 15 Oktober 2021,” ungkap Zainudin.

Baca juga Jumpa Ketua Harian PB PON XX 2021, Bamsoet: Persiapan Venue PON Papua Capai 80%

“Dan arahan Pak Presiden, karena ini sudah siap, kita akan lakukan pada tahun 2021, tidak ada penundaan PON karena ini sempat kita tunda pada tahun 2020,” tambahnya.

Meski begitu, Zainudin tetap menegaskan bahwa pelaksanaan PON XX akan dilakukan berdasarkan protokol kesehatan yang ada. Mengingat situasi saat ini memang belum bisa diketahui terkait adanya pandemi Covid-19 yang ada di Indonesia.

Namun begitu, ia belum bisa memastikan tentang pelaksanaan PON XX akan dihadiri penonton atau pun tidak. Hanya saja ajang empat tahunan itu akan berkiblat pada pelaksanaan Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung pada 23 Juli – 8 Agustus 2021.

“Tentu ada pertanyaan akan seperti apa pelaksanaannya, kita akan lihat perkembangannya nanti, apakah ini akan dilaksanakan tanpa penonton atau penonton terbatas atau dalam kapasitas normal,” imbuhnya.

PON XX

“Kita belajar dari Olimpiade Tokyo yang nanti akan dilakukan beberapa bulan ke depan, kita akan lihat di situ penerapannya seperti apa, protokol kesehatan tentu itu akan menjadi penting, dan harus dilakukan dengan disiplin,” sambungnya.

Sebelumnya, PON XX akan berlangsung di Papua 20 Oktober hingga 4 November 2020. Namun, adanya pandemi Covid-19 yang penyebarannya begitu masif pada masa itu, akhirnya PON ke-20 tersebut harus ditunda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini