Masih Belum Jelas di MotoGP, Sirkuit Mandalika Justru Masuk Kalender World Superbike 2021

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 00:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 38 2375221 masih-belum-jelas-di-motogp-sirkuit-mandalika-justru-masuk-kalender-superbike-2021-lMrAMlPrAp.jpg Sirkuit Mandalika. (Foto: Laman resmi MotoGP)

JAKARTA – Sampai saat ini MotoGP masih menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah cadangan di musim 2021. Hal itu terkait pihak penyelenggara MotoGP, yakni Dorna Sports yang disebut perlu melakukan proses homologasi terlebih dahulu terhadap Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Jadi, sekali pun Sirkuit Mandalika sudah rampung dibuat, namun lokasi balapan tersebut masih harus melalui serangkaian tes agar bisa benar-benar menjadi tuan rumah MotoGP.

Menariknya, tak seperti MotoGP, ajang balap motor WorldSBK justru sudah memasukkan Sirkuit Mandalika di kalender musim 2021 mereka. Dalam laman resmi WorldSBK, Indoenesia akan menjadi seri ke-11 dalam rangkaian musim 2021 itu.

Baca Juga: MotoGP Thailand 2021 Diisukan Batal, Peluang GP Indonesia untuk Masuk?

Sirkuit Mandalika masuk kalender Superbike WSBK 2021

Jadi, Sirkuit Mandalika akan menggelar balapan WorldSBK 2021 pada 12-14 November 2021. Indonesia akan menjadi dua seri terakhir dalam ajang balapan tersebut.

Kendati begitu, sebenarnya Sirkuit Mandalika juga masih perlu melalui proses homologasi. Dalam laman resmi WorldSBK, pihak Federasi Motor Internasional (FIM) dan Dorna WSBK (DWK) tetap akan melakukan proses homologasi terhadap Sirkuit Mandalika sebelum menggelar balapan.

Meski sama-sama harus melalui proses homologasi, namun setidaknya Superbike lebih berani karena sudah memasukkan seri Indonesia ke kalender musim 2021 mereka. Tanggalnya pun sudah ditentukan.

Sementara MotoGP masih belum yakin memasukkan Indonesia menjadi tuan rumah di musim 2021 ini. Sebab itulah mereka hanya menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai balapan cadangan karena masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP.

Meski begitu, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang berada dalam daftar cadangan karena MotoGP mencoret Rusia. Karena itu, Indonesia masih bisa berharap tinggi untuk masuk dalam daftar utama jadwal MotoGP 2021.

Fakta menarik Sirkuit Mandalika

Terlebih Indonesia saat ini sudah berusaha sangat keras untuk mengejar homologasi pada Juni 2021. Bahkan pihak MotoGP dan para pembalap sudah menyatakan keinginannya untuk mentas di sirkuit anyar tersebut.

Jadi, apakah Sirkuit Mandalika nantinya akan menjadi tuan rumah MotoGP atau tidak? Jawabannya akan segera terjawab dalam beberapa bulan ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini