Bukan Muhrim, Mohammad Ahsan Tolak Bersalaman dengan Wasit Perempuan

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 04:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 28 40 2369874 bukan-muhrim-mohammad-ahsan-tolak-bersalaman-dengan-wasit-perempuan-34E3bGVomA.jpg Mohammad Ahsan (Foto: PBSI)

JAKARTA – Pebulu tangkis spesialis ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan, telah dikenal luas memiliki prestasi tinggi di level dunia. Bersama Hendra Setiawan, Ahsan sudah menorehkan prestasi gemilang dengan menempati peringkat dua dunia.

Bahkan pada Januari lalu, Ahsan bersama Hendra berhasil menduduki posisi runner-up di ajang BWF World Tour Finals 2020. Walaupun usia mereka sudah tidak muda lagi, tetapi Ahsan/Hendra masih menjadi pasangan yang sangat ditakuti di dunia.

Baca juga Jadi Muslim yang Baik, 3 Hal Ini Dilakukan Mohammad Ahsan di Lapangan

Terkhusus Ahsan, banyak publik telah menyoroti pemain kelahiran Palembang tersebut. Pasalnya bukan hanya prestasi, tetapi juga kehidupan pribadinya juga mendapat perhatian karena ketaatannya terhadap agamanya yakni Islam.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Foto: PBSI)

Ahsan sendiri diketahui sebagai pebulu tangkis yang memantapkan hijrah dan mendalami agama Islam. Sorotan publik semakin tertuju padanya ketika ia tampil di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis pada 2017 di Glasgow, Skotlandia.

Baca juga Cara Mohammad Ahsan Jadi Muslim yang Baik, Ngaji dan Baca Buku Islami

Pada turnamen tersebut, orang-orang semakin meyadari bahwa Ahsan telah menutup auratnya. Salah satunya dengan mengenakan legging pada bagian kaki. Hal itu selalu ia lakukan setiap kali bertanding di arena lapangan.

Namun, selain itu, hal yang mencolok lainnya adalah ia selalu enggan bersalaman dengan wasit perempuan. Bahkan ia sering meminta maaf kepada para wasit perempuan bahwa ia tidak bisa berjabat tangan kepada mereka.

Tindakan tersebut tentu sesuai dengan ajaran Islam untuk tidak bersentuhan dengan lawan jenis jika bukan muhrim. Karena itu, Ahsan menolak untuk berjabat tangan karena ia ingin menaati agama Islam dengan baik.

Mungkin tindakan menolak berjabat tangan pada saat ini sangat disahkan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Bahkan BWF memiliki aturan untuk tidak melakukan salaman antara sesama pemain atau kepada wasit. Jika melanggar, maka pemain tersebut akan mendapat denda.

Mohammad Ahsan

Adanya pandemi Covid-19 membuat aturan tersebut mulai ditegakkan pada saat ini. Aturan tersebut pun sejatinya sudah mulai berjalan di ajang All England 2020 ketika pandemi Covid-19 mulai menjalar. Hanya saja saat itu, tidak ada tindakan keras.

Kembali ke kehidupan pribadi Ahsan, saat ini pemain berusia 33 tahun tersebut tengah berbahagia. Pasalnya pada akhir Januari lalu, ia dikaruniai anak ketiga bernama Aisyah Nayyara Ahsan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini