Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Internasional

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 43 2367012 ukuran-lapangan-sepak-takraw-standar-internasional-nY6l8DeudD.jpg Sepak Takraw. (Foto: Laman resmi SEA Games 2017)

UKURAN lapangan sepak takraw standar internasional perlu diketahui semua pihak yang ingin menekuni bidang olahraga ini. Sebab, dengan berlatih di lapangan yang memiliki ukuran sesuai standar internasional, permainan sepak takraw bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang ada.

Ukurang lapangan sepak takraw sendiri dipastikan berbeda dengan olahraga lainnya yang juga menggunkan bola, seperti sepakbola ataupun voli. Panjang lapangan sepak takraw sesuai standar internasional adalah 13,4 meter.

Sepak takraw

Kemudian untuk lebar, lapangan yang digunakan untuk memainkan olahraga sepak takraw ini berukuran 6,1 meter. Diameter untuk servis berukuran 0,3 meter.

BACA JUGA: 8 Perlengkapan Pemain Bola Voli

Bukan hanya lebar, panjang, serta diameter ukurang untuk servis yang ditetapkan secara internasional. Daerah bebas dari penonton dari garis terlur di lapangan sepak takraw juga ditentukan secara khusus, yakni 2 meter.

BACA JUGA: Uniknya Biliar Carom, Dimainkan dengan 3 Bola dan Tanpa Lubang

Untuk tebal ukuran garis pada lapangan sepak takraw adalah 4 sentimeter (cm). Jika olahraga sepak takraw digelar di dalam ruangan, ketinggian minimal atap adalah 8 meter.

Kemudian untuk ukuran tinggi net atau tiang, ada juga aturan khusus yang ditetapkan sesuai standar internasional. Bahkan net sepak takraw sendiri adalah benang nilon. Pada net, ada lubang yang memiliki lebar 6-8 meter.  

Ukuran tinggi net sepak takraw sendiri berbeda jika dimainkan untuk putra atau putri. Untuk sepak takrat putra, tinggi net adalah 1,55 meter di bagian sampin dan minimal 1,52 meter di bagian tengah lapangan.

Sepak takraw

Sementara untuk putri, ukuran tinggi net sebesar 1,45 meter di bagian samping dan minimal 1,42 meter di bagian tengah lapangan. Semua tiang berada di luar garis dengan jarak 30 meter.

Perbedaan dalam olahraga sepak takraw sendiri sejatinya tak hanya terletak dalam ukurang lapangan, tetapi juga jumlah pemain. Dalam permainan sepak takraw, jumlah pemain di setiap timnya hanyalah tiga orang. Setiap pemain ini dilarang menyentuh bola dengan tangan kecuali melakukan awalan untuk menendang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini