Cuma Franco Morbidelli yang Pakai Motor Lama Yahama, Apa Alasannya?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 38 2366412 franco-morbidelli-pantas-dapat-motor-pabrikan-yamaha-tapi-79u6YsgZDs.jpg Franco Morbidelli melakukan wheelie (Foto: MotoGP)

LESMO – Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, mengakui Franco Morbidelli layak mendapatkan motor YZR M-1 2020 dengan spesifikasi pabrikan. Namun, hal tersebut cukup sulit terwujud.

Seperti diketahui, Yamaha memutuskan memberi motor YZR M-1 edisi 2020 dengan spesifikasi pabrikan kepada tiga pembalapnya, Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi. Hanya Franco Morbidelli saja yang memakai motor lama untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Baca juga: Franco Morbidelli Frustrasi Gagal Jadi Juara MotoGP 2020

Situasi serupa terjadi sepanjang MotoGP 2020. Ironisnya, Franco Morbidelli justru finis sebagai penunggang motor Yamaha terbaik. Pria asal Italia itu mengakhiri musim di peringkat dua pada klasemen akhir MotoGP 2020.

Franco Morbidelli melaju di Sirkuit Portimao (Foto: Reuters/Rafael Merchante)

Untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021, Franco Morbidelli akan tetap memakai motor yang sama dengan musim lalu, yakni YZR M-1 edisi 2020 spek A. Namun, tentu saja ada sedikit pengembangan sesuai regulasi.

Baca juga: Ada Lima Pembalap yang Diprediksi Tampil Bersinar di MotoGP 2021

Mengomentari hal tersebut, Lin Jarvis mengaku kondisi memaksa Yamaha mengambil keputusan itu. Namun, bukan berarti Franco Morbidelli tidak layak mendapatkan penghargaan. Bahkan, ia dinilai sangat pantas.

“Apakah Franky pantas mendapatkan motor spek terbaik? Saya harus katakan ya. Apakah itu memungkinkan? Sayangnya, jawaban untuk itu adalah tidak,” tukas Lin Jarvis, dilansir dari Crash, Senin (22/2/2021).

Kendati hanya memacu motor dengan spesifikasi lebih rendah, Franco Morbidelli tetap berbahaya. Hal itu sudah terbukti pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Pendapat serupa disampaikan oleh Lin Jarvis.

“Seperti yang Anda lihat tahun lalu, motor spek A cukup mirip dan optimal. Dengan pembekuan mesin, Anda bisa membayangkan performa motor akan kembali memukau tahun ini. Jadi, saya tidak yakin Franky tidak mendapat keuntungan,” imbuh pria berpaspor Inggris itu.

Franco Morbidelli mampu menang musim lalu

Pendapat senada dilontarkan Fabio Quartararo. El Diablo justru berani menyebut mantan rekan setimnya di Tim Petronas Yamaha SRT itu mendapat jalan yang aman.

“Motor Franco dari musim lalu sudah konsisten. Tentu saja, itu juga membantunya sebagai seorang pembalap. Dia melakukan pekerjaan sempurna,” puji Fabio Quartararo, mengutip dari Motorsport Total.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini