Ingin Tampil Lebih Baik di Musim MotoGP 2021, Fabio Quartararo Temui Psikolog

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 38 2363858 ingin-tampil-lebih-baik-di-musim-motogp-2021-fabio-quartararo-temui-psikolog-hKB1D2m54z.jpg Fabio Quartararo. (Foto/MotoGP)

BARCELONA - Di musim MotoGP 2021, Fabio Quartararo ingin tampil lebih baik agar tidak mengulangi kesalahannya yang kehilangan peluang gelar juara dunia pada 2020. Oleh karena itu dia dibantu seorang psikolog olahraga untuk membantu mentalnya.

Setelah tiga Grand Prix, Fabio Quartararo unggul 48 poin dari calon Juara Dunia MotoGP, Joan Mir pada musim panas 2020. Hanya saja, harapan pembalap pabrikan Yamaha itu merosot, dia terjun ke posisi kedelapan.

Foto/Twitter

Baca juga: Duet Vinales-Quartararo Dipercaya Bikin Yamaha Lebih Baik di MotoGP 2021

Pembalap asal Prancis tersebut menceritakan balapannya di musim MotoGP 2020. Dia mengatakan ada masalah, salah satu penyebab kendala dengan motornya dan dirinya yang tidak fokus ke balapan.

Baca juga: Perjuangan Quartararo Pulihkan Kondisi Fisik Usai Terpapar Covid-19

“Tahun lalu sulit karena, seperti yang diketahui semua orang, kami memiliki beberapa masalah dengan motornya, tapi itu juga saya,” ujarnya mengutip Speedweek, Rabu (17/2/2021).

“Semuanya berjalan dengan sempurna di 2019. Pada 2020 juga dimulai dengan sempurna, tetapi kemudian ada kesulitan besar, banyak pasang surut.”

Jika Anda berjuang untuk podium dan kemenangan dan kemudian Anda berada di posisi 10, maka Anda ingin menginginkan lebih, Anda marah pada diri sendiri dan kemudian membuat keadaan semakin buruk,” tuturnya.

Menjelang musim MotoGP 2021 yang akan digelar pada Maret mendatang, Fabio Quartararo belajar banyak hal dari musim lalu. Oleh karena itu dia tak ingin melewatkan kesempatan yang akan dicapainya nanti. Dia juga bertemu dengan psikolog selama liburan musim dingin.

“Saya tidak frustrasi sekarang karena saya percaya bahwa saya telah belajar banyak hal,” kata Quartararo, menoleh ke belakang.

Foto/Yamaha

“Tapi tentu saja saya marah pada diri saya sendiri pada tahun lalu karena saya telah melewatkan kesempatan besar untuk memenangkan gelar. Tetapi ketika saya memikirkannya sekarang, saya mungkin telah melewatkan kesempatan, tetapi mendapatkan banyak pengalaman.”

“Psikolog membantu saya sekarang karena, saya hanya fokus pada diri saya sendiri dan tidak membuang waktu saya mendengarkan semua hal yang orang katakan tentang saya yang tidak benar kepada saya. Saya tidak boleh mementingkan hal itu, itu membantu saya untuk lebih fokus," pungkas Quartararo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini