Tolak Nomor 1, Ini Alasan Joan Mir Setia dengan 36

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 38 2361621 tolak-nomor-1-ini-alasan-joan-mir-setia-dengan-36-Zw5nDMODdD.jpg Joan Mir setia dengan nomor 36 (Foto: Suzuki Racing)

ANDORRA – Teka-teki mengenai nomor motor yang akan dipakai Joan Mir pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 akhirnya terungkap. Pria berpaspor Spanyol itu memilih mempertahankan nomor 36 yang selama ini sudah melekat padanya.

Pecinta MotoGP dibuat penasaran dengan pilihan Joan Mir sepanjang jeda musim dingin. Juara dunia MotoGP 2020 itu pernah mengatakan, memakai nomor 1 pada motornya akan memberi kebanggaan tersendiri.

Baca juga: Joan Mir Sambut MotoGP 2021 dengan Optimistis

Lagipula, sudah cukup lama lintasan balap MotoGP tidak melihat motor nomor 1 wara-wiri. Pembalap terakhir yang memakai nomor tersebut adalah Casey Stoner pada 2012. Setelah itu, baik Jorge Lorenzo dan Marc Marquez, memilih tetap memakai nomor yang sudah menjadi ciri khas keduanya.

Joan Mir pamerkan motor nomor 1

Pilihan yang sama akhirnya dibuat Joan Mir. Pria berusia 23 tahun itu memilih mempertahankan nomor 36 yang sudah melekat padanya sejak mengaspal di kelas Moto3. Alasannya sungguh simpel. Nomor 36 membawa keberuntungan baginya yang terbukti dengan dua gelar juara dunia (Moto3 dan MotoGP).

Baca juga: Meski Ada Marc Marquez, Joan Mir Yakin Bisa Juara MotoGP Lagi

“Nomornya akan sama. Menurut saya, akan sangat keren jika memakai nomor 1, sebuah pengalaman unik dan mimpi saya pribadi,” papar Joan Mir, sebagaimana dikutip dari Crash, Minggu (14/2/2021).

“Namun, saya yakin nomor 36 adalah nomor yang membawa saya hingga titik sekarang ini, menjadi juara dunia dua kali,” imbuh pria kelahiran Mallorca itu.

Lebih lanjut, Joan Mir tidak menampik keinginan memakai nomor 1 seandainya kembali menjadi juara dunia di masa depan. Untuk sementara ini, nomor 36 diharapkan membawa keberuntungan lagi buatnya.

“Bukan berarti saya tidak akan memilih nomor 1 jika ini terjadi lagi di masa depan. Untuk saat ini, nomornya tetap 36. Nomor itu mewakili kerja keras dan cocok untuk saya,” aku Joan Mir.

Joan Mir sudah lekat dengan nomor 36

Keputusan itu disambut baik oleh Pimpinan Proyek Suzuki Ecstar, Shinichi Sahara. Kendati kecewa, pria asal Jepang itu memahami keinginan pembalapnya. Ia sendiri sudah cukup senang melihat nomor 1 menempel di motor Suzuki pada saat Joan Mir merayakan gelar juara dunia.

“Saya senang ketika melihat nomor 1 di Valencia. Buat saya, itu sudah cukup. Jika Joan memilih nomor 1 tahun ini, saya tentu lebih senang. Lagipula, nomor berapa pun tidak masalah buat kami,” tutup Shinichi Sahara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini