5 Kisah Atlet Mualaf Paling Menyentuh Hati

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 13 Februari 2021 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 13 43 2361459 5-kisah-atlet-mualaf-paling-menyentuh-hati-s8mSQOZAZk.jpg Mike Tyson (Foto: Reuters)

PINDAH agama merupakan keputusan besar bagi setiap orang karena tidak mudah untuk melakukannya. Akan tetapi, beberapa atlet ini memantapkan diri mereka untuk memeluk Islam.

Perjalanan mereka untuk menemukan Islam pun beraneka ragam. Berikut lima kisah atlet mualaf paling menyentuh hati.

5. Wilhelm Ott

Wilhelm Ott (Foto: Instagram/@willi.ott.148)

Wilhelm Ott adalah atlet MMA (Mix Martial Arts) asal Austria yang membuat heboh dunia, terutama Indonesia, karena memutuskan untuk menjadi mualaf pada pertengahan tahun lalu. Dia mengumumkan dirinya seorang mualaf melalui instagram, @willi.ott.148.

Ott berada dalam kondisi kurang baik dua pekan sebelum mengucapkan kalimat syahadat. Dia frustrasi hingga menyakiti tubuhnya. Akan tetapi, semua kondisinya berubah setelah mengenal Islam dan mulai mempelajari lebih dalam lagi. Kondisi inilah yang menuntunnya menjadi seorang mualaf. Kini, dia mengaku bisa hidup jauh lebih tenang bersama sang istri yang juga mengikuti langkahnya menjadi mualaf.

4. Kareem Abdul Jabbar

Kareem Abdul Jabbar (Foto: Reuters)

Kareem Abdul Jabbar lahir dengan nama Ferdinand Lewis Alcindor Jr. di New York, pada 16 April 1947. Dia lahir dalam keluarga Katolik yang taat. Akan tetapi, dia membuat kejutan usai membawa tim pertamanya, Milwaukee Bucks, juara NBA pada 1971. Sehari setelah membawa Bucks juara, Kareem Abdul Jabbar mengumumkan dirinya berpindah keyakinan dari Katolik ke Islam.

Keputusan Kareem Abdul Jabbar menjadi mualaf menjadikan legenda NBA itu sasaran rasisme. Akan tetapi, segala tindakan rasisme itu tidak mengubah pendirian Kareem Abdul Jabbar. Keteguhan hati legenda NBA itu mungkin dipengaruhi oleh idolanya, Malcom X.

3. Mike Tyson

Mike Tyson (Foto: Reuters)

Mike Tyson menjadi mualaf ketika masih muda dan aktif sebagai petinju profesional. Meski begitu, Mike Tyson butuh waktu untuk bisa menemukan makna dari Islam.

Setelah sempat terjatuh ke jurang kegagalan karena sikap-sikap buruknya, Mike Tyson bangkit melalui Islam. Melansir dari Daily Mail, Mike Tyson pun beryukur menjadi seorang mualaf, “Jujur, saya tidak tahu bagaimana proses kerjanya terjadi. Saya hanya bisa bersyukur, saya menjadi mualaf dan meninggalkan kehidupan suram saya yang dulu. Allah SWT memberikan kekuatan kepada saya untuk dapat melakukan hal ini.”

2. Wayne Parnell

Wayne Parnell (Foto:Instagram/@parnygram)

Wayne Parnell adalah atlet kriket asal Afrika Selatan yang memutuskan menjadi mualaf pada Januari 2011 setelah mendalaminya seorang diri. Dia pun mengganti namanya menjadi Waleed yang berarti anak laki-laki yang baru dilahirkan. Meski begitu, dia tetap ingin dikenal sebagai Wayne Parnell.

Melansir dari Sports Gazette, Panell kini aktif berdakwak untuk mengubah padangan orang-orang terhadap Islam, “Saya pikir itu adalah tanggung jawab saya untuk memastikan bahwa setiap orang di lingkungan saya memahami tentang apa agama saya dan saya tentu berpikiran terbuka untuk memahami tentang apa budaya mereka. Sangat baik untuk berpikiran terbuka dan memperlakukan semua orang dengan hormat seperti yang diajarkan agama kami.”

1. Lindswell Kwok

Lindswell Kwok (Foto: Instagram/@lindswell_k)

Legenda wushu Indonesia, Lindswell Kwok, berpindah keyakinan dari Budha ke Islam tidak lama setelah meraih medali emas Asian Games 2018. Lingkungan pertemanan atlet menuntun wanita berjuluk Ratu Wushu Indonesia itu untuk mengenal dan akhirnya meyakini Islam.

Lindswell, yang pensiun setelah Asian Games 2018, memantapkan diri untuk berhijrah dengan mengenakan hijab. Lindswell pun telah menikah dengan sesama atlet wushu, Achmad Hulaefi, pada 9 Desember 2018 silam. Keluarga kecil Lindswell dan Hulaefi telah dikaruniai seorang putra bernama Achmad Zubayr yang lahir pada 10 Januari 2020.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini