4 Cara Bermain Bola Voli, Apa Saja?

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 43 2359008 4-cara-bermain-bola-voli-apa-saja-FnBAiLdyRu.jpg Berikut empat cara bermain voli dengan baik dan benar (Foto: Youtube)

CARA bermain bola voli mungkin bukan lagi suatu hal yang baru bagi para pecinta olahraga. Olahraga yang dimainkan enam lawan enam ini memang sudah dikenal sejak lama.

Setidaknya ada beberapa hal yang harus dipahami sebelum Anda ingin melakukan permainan bola voli. Mulai dari perlengkapan hingga peraturan-peraturan dasar yang harus dipahami,

Kali ini, Okezone akan membahas mengenai cara-cara bermain voli dengan baik yang benar. Melansir dari laman Wikihow, Selasa (9/2/2021), berikut pembahasannya.

4. Tentukan Jumlah Pemain


Idealnya, setidaknya harus ada 6 pemain dalam setiap tim agar permainan dapat kompetitif. Namun, jika Anda bermain dengan teman-teman, jagalah agar jumlah pemain tetap sama di kedua sisi.

Setelah itu, Anda harus memiliki 1 sampai 3 baris pemain. Baris pertama yang paling dekat dengan net, dan barisan yang paling belakang berposisi paling dekat ke batas belakang dari lapangan permainan.

 

3. Mempelajari Cara Menembak atau Melakukan Shot


Jika dilihat secara singkat, olahraga bola voli tidak memiliki cara khusus untuk dimainkan. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa teknik yang harus dikuasai terlebih dahulu jika Anda ingin bermain secara benar.

Pertama adalah dengan melakukan kuda-kuda yang benar sebelum menerima bola. Selain itu, posisi tangan dan menentukan kekuatan ketika melakukan pukulan juga jadi salah satu faktor penting

2. Menerapkan Strategi


Sama seperti olahraga lain, bola voli juga harus punya beberapa strategi yang harus diterapkan agar Anda bisa punya peluang untuk mengalahkan lawan.

Selain itu, pergantian pemain di saat yang tepat juga bisa jadi salah satu momen untuk mencuri poin dari lawan.

 

1. Menyiapkan Permainan


Poin terakhir ini juga jadi salah satu yang paling penting sebelum Anda menguasai tiga hal di atas. Anda harus menyiapkan beberapa hal seperti net hingga bola yang akan digunakan untuk bermain voli.

Selain itu, juga harus ada lapangan yang sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan. Berdasarkan peraturan resmi, ukuran lapangan permainan bola voli adalah 8,8 meter - 9 meter untuk lebar dan panjang 18 meter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini