Kombinasi Marc Marquez dan Pol Espargaro Cocok untuk Honda

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 20:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 38 2357346 kombinasi-marc-marquez-dan-pol-espargaro-cocok-untuk-honda-cxzmm59JZs.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

CERVERA – Pengamat MotoGP, Michael Laverty, menantikan duet Marc Marquez dengan Pol Espargaro di Repsol Honda. Menurut Laverty, duet dua pembalap asal Spanyol itu akan membawa Honda berjaya di MotoGP 2021.

Pol Espargaro adalah anggota baru dalam keluarga besar Honda. Pembalap berumur 29 tahun itu direkrut Honda untuk mengisi posisi Alex Marquez, adik Marc Marquez, yang turun kasta ke tim satelit Honda, LCR Honda.

Pol Espargaro (Foto: Istimewa)

Honda memilih Pol Espargaro karena penampilan apiknya bersama KTM Red Bull dalam empat musim terakhir. Adik dari Aleix Espargaro itu mampu mengendarai motor KTM RC-16, yang punya karakteristik mirip dengan kuda besi Honda RC213V, dengan baik.

Laverty menilai Marc Marquez dan Pol Espargaro akan memberi banyak masukan penting untuk pengembangan RC213V edisi 2021. Pengamat MotoGP itu meyakini RC213V teranyar akan lebih bagus ketimbang musim lalu.

BACA JUGA: Marc Marquez Kembali, Masalah Honda Sirna

“Sepertinya motor Honda lebih mudah untuk dikendarai pada akhir musim lalu, jadi dengan Pol bergabung bersama Marc, ini menjadi dinamika yang bagus," ucap Laverty, mengutip dari Motosan, Jumat (5/2/2021).

BACA JUGA: Marc Marquez Absen Panjang, MotoGP Kehilangan Pertunjukan

"Mereka akan menemukan cara untuk semakin menyempurnakan motornya dan mendapatkan performa yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Meski memiliki motor kompetitif, Honda kemungkinan besar akan kehilangan salah satu dari dua pembalapnya pada awal musim depan. Sebab, The Baby Alien –julukan Marc Marquez– masih berkutat dengan lengan kanannya yang patah akibat dari kecelakaan parah pada balapan perdana musim lalu, MotoGP Spanyol 2020.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Pembalap asal Spanyol itu sudah menjalani tiga operasi pada tahun lalu demi menyembuhkan lengan kanannya. Operasi terakhir berjalan lancar, tetapi memberi kabar kurang menyenangkan. Sebab, ditemukan infeksi pada cedera Marc Marquez yang menyebabkan osteomielitis atau radang tulang.

BACA JUGA: Dorna Bantah Honda Ingin Selidiki Cedera Marc Marquez

Marc Marquez melakukan terapi antibiotik khusus dalam masa pemulihannya saat ini yang dikabarkan berlangsung hingga pertengahan musim 2021. Jika tidak kunjung pulih, Marc Marquez berpeluang untuk menjalani operasi keempat.

BACA JUGA: Jika Memungkinkan, Dorna Ingin Marc Marquez Balapan di Qatar

Operasi keempat akan membuat Marc Marquez melewatkan MotoGP 2021 sebagaimana musim lalu. Hal itu merupakan skenario terburuk bagi Honda yang kesusahan mengarungi kejuaraan musim lalu tanpa Marc Marquez.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini