Penampilan Valentino Rossi di MotoGP 2020 Dapat Pembelaan

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 38 2357181 penampilan-valentino-rossi-di-motogp-2020-dapat-pembelaan-M1DTsi354b.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

TAVULLIA Valentino Rossi gagal unjuk gigi bersama Monster Energy Yamaha di MotoGP 2020. Valentino Rossi bahkan mengukir catatan terburuk sepanjang karier balapnya jika melihat klaseman akhir.

Namun, mantan mekanik Valentino Rossi di tim pabrikan Yamaha, Alex Briggs, membela The Doctor –julukan Rossi. Menurut Briggs, Valentino Rossi tampil lebih baik ketimbang beberapa musim terakhir, tetapi tidak mendapatkan hasil setimpal untuk perjuangannya.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Valentino Rossi hanya meraih satu podium dalam 14 balapan musim ini. Rossi naik ke atas podium saat finis ketiga di MotoGP Andalusia 2020. Setelah itu, Valentino Rossi meraih hasil lumayan bagus dalam empat balapan meski tidak menempati podium.

Namun, performa Valentino Rossi menurun dengan tidak mendapatkan poin dalam enam balapan berikutnya. Valentino Rossi empat kali gagal finis dan melewatkan dua balapan karena positif Covid-19. Sementara itu, Valentino Rossi menempati posisi ke-12 secara beruntun dalam dua balapan terakhir musim ini.

BACA JUGA: Timnya Segera Diakusisi Valentino Rossi, Pemilik Avintia Enggan Berbagi Saran

Valentino Rossi pun mengukir pencapaian terburuk. Valentino Rossi finis ke-15 di klasemen akhir karena hanya mampu mengumpulkan 66 poin. Pencapaian terburuk Valentino Rossi sebelumnya, yaitu finis kesembilan saat debut di kelas 125cc pada musim 1996.

BACA JUGA: Pemilik Ikhlas Tim Avintia Diakusisi Valentino Rossi

Valentino Rossi pun panen kritik, tetapi Briggs tetap melihat sisi positif dari performa The Doctor pada musim ini. Menurutnya, Valentino Rossi dan tim telah bekerja cukup baik sehingga seharusnya mendapatkan hasil lebih bagus.

"Tahun ini sangat buruk. Akan tetapi, kenyataannya, kami bekerja lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya hanya saja tidak membuahkan hasil,” kata Briggs, mengutip dari Fox Sports, Jumat (5/2/2021).

Valentino Rossi (Foto: Twitter/@YamahaMotoGP)

Sementara itu, Valentino Rossi tidal lagi membela tim pabrikan Yamaha. Sebab, tim pabrikan Yamaha tidak memperpanjang kontrak Valentino Rossi yang habis pada akhir musim 2020.

BACA JUGA: Kelanjutan Karier Valentino Rossi di MotoGP Ditentukan Usai Balapan di 6-7 Seri

Posisi Valentino Rossi digantikan Fabio Quartararo yang naik kelas ke tim pabrikan Yamaha dari Petronas Yamaha SRT. Valentino Rossi mengisi posisi yang ditinggalkan Quarararo di Petronas SRT.

BACA JUGA: Luca Marini Masih Tak Percaya Bisa Balapan Bareng Valentino Rossi

Meski turun kasta ke tim satelit, Valentino Rossi tidak akan menerima perlakuan berbeda. The Doctor akan menerima pelayanan yang sama, seperti waktu berada di garasi tim pabrikan Yamaha. Contohnya, Rossi akan tetap mengendarai motor YZR-M1 edisi terbaru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini