Alex Rins Bertekad Kalahkan sang Juara Dunia MotoGP 2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 38 2356165 alex-rins-bertekad-kalahkan-sang-juara-dunia-motogp-2020-T3RH5JkY1U.jpg Duo Suzuki Ecstar Alex Rins dan Joan Mir (Foto: Suzuki Racing)

PORTIMAO – Target tinggi dicanangkan Alex Rins menjelang Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Ia ingin mengalahkan rekan setim di Suzuki Ecstar, sekaligus juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir.

Kejutan besar terjadi pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Sang juara bertahan, Marc Marquez, harus absen dalam 12 dari 14 seri akibat cedera. Ketiadaan The Baby Alien, ditambah ban baru yang dibawa Michelin, membuat jalannya musim lalu sulit diprediksi.

Gelar juara dunia akhirnya diraih Joan Mir dengan bekal konsistensi. Pembalap asal Spanyol itu mencatatkan satu kemenangan dan enam kali naik podium. Ia mengumpulkan 171 poin dan unggul atas Franco Morbidelli di peringkat dua.

Baca juga: Franco Morbidelli Ingin Kalahkan Suzuki di MotoGP 2021

Joan Mir juara dunia MotoGP 2020 (Foto: MotoGP)

Status sebagai juara bertahan membuat Joan Mir kini dibidik semua peserta MotoGP 2021, termasuk rekan setimnya Alex Rins. Apalagi, dalam dunia balap dikenal pepatah rekan setim adalah musuh pertama yang harus dikalahkan.

Baca juga: Sambut MotoGP 2021, Alex Rins Merasa Lebih Siap

“Bicara soal rival, masih terlalu dini, tetapi yang pertama jelas adalah rekan setim saya, Joan Mir. Sebab, dia mendapat gelar juara dunia musim lalu dan tentu saja pasti akan berusaha keras mempertahankan gelar,” terang Alex Rins, dinukil dari Crash, Kamis (4/2/2021).

“Itu juga menjadi motivasi buat saya. Joan melakukan sebuah pekerjaan luar biasa tahun lalu dan rival pertama selalu adalah rekan setim. Jadi, saya akan kerahkan 100% kemampuan untuk mengalahkannya,” imbuh pria berusia 25 tahun itu.

Jika dibandingkan, kiprah Alex Rins memang kalah mentereng dari Joan Mir. Ia hanya mampu meraih satu kemenangan dan tiga kali naik podium. Pada klasemen akhir, pembalap kelahiran Barcelona itu mengumpulkan 139 angka dan finis di posisi tiga.

Soal peluangnya, Alex Rins cukup optimis. Kebijakan pembekuan pengembangan motor pada MotoGP 2021 berpotensi membantunya. Motor GSX-RR sudah berhasil menunjukkan perkembangan pesat dan tidak kalah beradu dengan kuda besi Honda, Yamaha, mau pun Ducati.

Alex Rins bergembira

“Sejak saya naik kelas pada 2017, saya selalu bekerja maksimal. Menurut saya, motor saat ini sudah kompeten dan cukup bagus,” lanjut Alex Rins.

“Tentu saja, saya ingin mengulangi hasil-hasil musim lalu. Motor tidak akan berbeda jauh dibandingkan 2020 karena ada pembekuan mesin. Kami hanya diperkenankan memodifikasi sisi aerodinamika,” tutup pembalap bernomor motor 42 itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini