5 Atlet yang Tak Disangka Beragama Islam, Nomor 2 Pemegang 6 Cincin Juara NBA

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 43 2355691 5-atlet-yang-tak-disangka-beragama-islam-nomor-2-pemegang-6-cincin-juara-nba-Bfin4nQZuY.jpg Muhammad Ali. (Foto: Zimbio)

ADA banyak atlet yang tak disangka awalnya beragama islam. Mereka baru diketahui memeluk agama islam saat sudah terkenal ketika dicoba telusuri kehidupan pribadinya.

Lantas tahukah Anda siapa saja atlet terkenal yang tak disangka-sangka ternyata adalah seorang muslim? Okezone sudah menemukan lima atlet terkenal yang benar-benar tak diduga adalah seorang pemeluk agama islam, siapa saja?

Berikut 5 Atlet yang Tak Disangka Beragama Islam, Mengutip dari SportzBusiness:

5. Mike Tyson

Mike Tyson

Mike Tyson memeluk Islam saat dipenjara pada 1992-1995. Kala itu, Mike Tyson harus mendekam di balik jeruji besi karena kasus pemerkosaan.

Cerita Mike Tyson menjadi di penjara pun tidak sepenuhnya benar. Mike Tyson pun mengklarifikasi, bahwa dirinya sudah menjadi seorang muslim sebelum masuk ke penjara.

Meski begitu, Mike Tyson bertemu dengan sosok penting dalam perjalanan spiritualnya saat di penjara. Sosok penting itu adalah Muhammad Siddeeq yang merupakan ulama Nation of Islam (organisasi Muslim kulit hitam di Amerika Serikat).

4. Shaquille O’Neal

Shaquille O'Neal

O’Neal merupakan salah satu pebasket kebanggaan Amerika Serikat karena mampu menorehkan karier manis selama menjalani karier di cabang olahraga tersebut.

O’Neal pun menjadi salah satu atlet Muslim berpengaruh di dunia olahraga. Pebasket kelahiran New Jersey 6 Maret 1972 ini sendiri diketahui dibesarkan oleh seorang ibu yang beragama kristen dan ayah tiri yang beragama Islam. O’Neal tak terlalu vokal menyuarakan keyakinannya, tetapi ia menyatakan telah menunaikan ibadah haji.

3. Hakeem Olajuwon

Hakeem Olajuwon

Pebasket Hakeem Olajuwon merupakan salah satu atlet muslim berprestasi yang diakui oleh Amerika Serikat. Sepanjang kariernya, ia hanya membela dua tim saja, yakni Houston Rockets pada 1984-2001 dan Toronto Raptors di musim 2001-2002.

Pebasket itu lama berkarier bersama Rockets dan bersama tim itu, Olajuwon sukses menjadi juara NBA, yakni di musim 1994 dan 1995. Tidak hanya itu, Olajuwon bahkan selalu terpilih sebagai MVP di dua pertandingan final tersebut. Olajuwon juga terpilih menjadi bagian dari Timnas Basket Amerika dan menyabet medali emas Olimpiade Atlanta 1996.

2. Kareem Abdul Jabbar

Kareem Abdul Jabbar

Abdul Jabbar diketahui pernah mendapat sorotan besar dari publik karena membuat keputusan besar dalam hidupnya. Kareem Abdul Jabbar memutuskan menjadi seorang mualaf yang mulai memeluk agama Islam pada 1971.

Keputusan itu diambil tetap sehari setelah meraih gelar juara NBA bersama Milwaukee Bucks. Keputusan itu dibarengi dengan perubahan namanya dari Ferdinand Lewis Alcindor menjadi Kareem Abdul Jabbar.

Kareem Abdul Jabbar sendiri mengatakan bahwa langkahnya dalam melakukan perubahan besar itu bukanlah sekadar pergantian merek. Ia memutuskan untuk menjadi mualaf dan mengubah mananya sebagai bentuk transformasi hati hingga jiwa.

1. Muhammad Ali

Muhammad Ali

Muhammad Ali memutuskan memeluk agama Islam saat namanya sedang naik daun. Setelah mengucap kalimat syahadat, ia mengganti namanya dari Cassius Clay menjadi Muhammad Ali.

Untuk akhirnya bisa mengambil keputusan memeluk agama Islam, Muhammad Ali harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Hal itu diawali dengan ketertarikannya bergabung ke komunitas Black Muslims di Amerika Serikat.

Soal perjalanannya hingga mantap menjadi seorang mualaf, Ali pun turut menceritakannya. Ia mengaku mulai tertarik dengan agama Islam setelah bergabung ke organinasi Islam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini