Ambreen Sadiq, Petinju Wanita Muslim Pertama di Inggris

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 43 2355588 ambreen-sadiq-petinju-wanita-muslim-pertama-di-inggris-EjPJjh0DAV.jpg Momen Ambreen Sadiq saat latih petinju lain. (Foto: Instagram/rock_solid_boxing)

LONDON Dunia tinju adalah cabang olahraga yang identik dengan pria. Namun, sebenarnya ada juga kaum Hawa yang menekuni olahraga yang mementingkan fisik tersebut, seperti halnya Ambreen Sadiq, petinju asal Inggris.

Menariknya, Ambreen tak hanya merupakan petinju wanita asal Inggris saja, namun ia merupakan perempuan muslim wanita pertama yang hadir di negara tersebut. Tentunya ketika kemunculannya pada beberapa tahun lalu itu, Ambreen langsung dapat menarik perhatian di dunia tinju di Inggris.

Akan tetapi, perjalanan menjadi petinju wanita muslim pertama di Inggris itu dilalui Ambreen dengan tidak mudah. Awal mula Ambreen menjadi seorang petinju pun berasal dari kehidupan pahit saat dirinya masih kecil sampai remaja.

Baca Juga: Tubuh Kekar Mike Tyson Dituding Hasil Suntik Steroid

Ambreen Sadiq

Ambreen yang merupakan mantan juara nasional itu sempat memiliki rekor tak pernah terkalahkan di beberapa pertarungan. Terlepas dari kesuksesannya, perjalanan karier wanita cantik itu di dunia tinju tidaklah seindah prestasi yang ia dapatkan.

Petinju wanita pertama yang beragama islam itu merupakan kelahiran Yorkshire dan mulai menekuni tinju saat dia kerap mendapatkan ejekan dari teman-temannya di usia remaja.

Ambreen pun melakukan tinju sebagai pelampiasan kekesalannya itu dan olahraga tersebut pun sukses mengantarkannya menjadi lebih tenang meskipun kerap mendapatkan komentar rasial.

Nahasnya, ketika tinju semakin Ambreen gemari, tekanan yang tertuju kepadanya tidak jua berkurang. Olahraga yang ditekuninya tersebut semakin membuat banyak orang berkomentar negatif tentang status Ambreen, termasuk dari keluarga sang ayah kandungnya sendiri.

Kebanyakan yang dipermasalahkan dari pihak keluarga ayah dari Ambreen adalah terkait pakaian yang digunakannya saat bertinju. Menurut mereka busana tinju tidak sesuai dengan aturan agama yang mereka anut.

“Keluarga ayah saya merupakan muslim Pakistan, dan mereka sangat taat. Saya dianggap telah mempermalukan budaya mereka, karena saya merupakan wanita muslim Asia. Apabila saya adalah pria, hal tersebut tidak akan dipermasalahkan,” jelas Ambreen, dikutip dari The Telegraph, Rabu (3/2/2021).

Ambreen Sadiq saat melatih tinju

“Saya mengatakan kepada mereka, saya memakai kostum itu bukan untuk terlihat seksi, itu merupakan sebuah seragam yang sudah ditentukan. Bahkan saya telah meminta kepada ABA (Amature Boxing Association) untuk menggantinya dan mengizinkan saya untuk memakai celana panjang untuk bertanding,” tambah Ambreen.

Kini, Ambreen pun masih aktif di dunia tinju. Ia tepatnya masih menjadi seorang petinju amatir dan bahkan kini ia menggeluti profesi sebagai pelatih tinju untuk para petarung muda di Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini