Dalilah Muhammad Ciptakan Sejarah bagi Perempuan Muslim di Amerika Serikat

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 43 2354831 dalilah-muhammad-ciptakan-sejarah-bagi-perempuan-muslim-di-amerika-serikat-hlJhNbPNpp.jpg Dalilah Muhammad (Foto: Instagram @dalilahmuhammad_)

MEMBICARAKAN soal atlet Muslim berprestasi, nama Dalilah Muhammad tentunya tidak bisa dikesampingkan. Dalilah Muhammad sendiri merupakan atlet atletik berkebangsaan Amerika Serikat.

Dalam gelaran Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Dalilah tampil gemilang kala ia terjun di cabor lari rintang nomor 400m putri. Bagaimana tidak, pasalnya Dalilah berhasil meraih medali emas di nomor tersebut.

Baca juga: Masuk Islam, Mantan Atlet Rugby Ini Temukan Kedamaian

Sebenarnya ada dua perempuan Muslim dari Amerika Serikat yang berhasil meraih medali di Olimpiade Rio 2016. Selain Dalilah, terdapat pula Ibtihaj Muhammad yang berlaga di cabor anggar. Akan tetapi, Ibtihaj hanya mampu meraih medali perunggu.

Dalilah Muhammad

Dengan catatan tersebut, maka Dalilah pun menjadi atlet perempuan Muslim pertama Amerika dan juga satu-satunya yang berhasil meraih emas pada Olimpiade Rio 2016. Tak mengherankan jika Dalilah disebut sebagai pencipta sejarah bagi perempuan Muslim di Amerika.

Baca juga: Cerita Mantan Pebulu Tangkis Cantik Hanna Ramadini yang Getol Belajar Mengaji

Tidak hanya itu, prestasinya tersebut juga menjadikan Dalilah sebagai perempuan Amerika pertama yang bisa meraih medali emas Olimpiade di nomor lari rintang 400m. Itulah mengapa Dalilah merasa sangat bahagia.

“Rasanya luar biasa menjadi perempuan pertama yang menang di lari rintang Olimpiade. Amerika Serikat punya banyak atlet bagus," ujar Dalilah di channel YouTube Team USA.

"Tentu saja menjadi bagian di dalamnya merupakan sebuah kehormatan. Rasanya gila dan sulit dipercaya bisa menang Olimpiade," lanjut perempuan kelahiran 7 Februari 1990 tersebut.

Dalam wawancara terpisah, orang tua Dalilah mengatakan bahwa disiplin, bakat, dan iman sebagai seorang Muslim adalah hal yang membuat putri mereka meraih prestasi di Rio de Janeiro.

Dalilah Muhammad

Prestasi Dalilah tentunya tak berhenti setelah ia berhasil meraih medali emas Olimpiade Rio 2016. Pada 2019, Dalilah menyabet medali emas di Kejuaraan Dunia lari rintang nomor 400m.

Tidak hanya itu, Dalilah juga mencetak rekor tercepat yang ada sekarang, yakni 52,16 detik. Sebelumnya, Dalilah juga tercatat sebagai juara nasional Amerika pada tahun 2013, 2016, dan 2017.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini