5 Bintang NBA yang Tak Disangka Beragama Islam, Nomor 1 Pemegang 6 Cincin Juara

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 36 2349922 5-bintang-nba-yang-tak-disangka-beragama-islam-nomor-1-pemegang-6-cincin-juara-L1lJi8pp78.jpg Kareem Abdul-Jabbar. (Foto: Reuters)

KEHADIRAN atlet-atlet Muslim di beragam cabang olahraga (cabor) selalu menarik perhatian tersendiri. Hal itu pun turut terjadi di olahraga basket, khususnya pada ajang ternama di Amerika Serikat yakni NBA.

Di pentas NBA, ada sejumlah atlet yang diketahui memeluk agama Islam. Kiprah atlet-atlet Muslim ini pun terbilang manis di ajang tersebut. Penasaran siapa saja? Berikut lima bintang NBA yang tak disangka beragama Islam.

5. Rasheed Wallace

Salah satu bintang di NBA yang ternyata merupakan pemeluk agama Islam ialah Rasheed Wallace. Dia merupakan salah satu pebasket Muslim yang memiliki capaian hebat di dunia NBA.

Rasheed Wallace

Sepanjang kariernya, Wallace membela sejumlah tim, seperti Washington Bullets, Portland Trail Blazers, Atlanta Hawks, Detriot Pistons hingga New York Knicks. Capaian terbaiknya terlihat pada 2004 dengan mengantarkan Pistons juara NBA. Wallace juga empat kali terpilih ke tim NBA All-Star.

4. Hakeem Olajuwod

Selanjutnya, ada nama Hakeem Olajuwon. Dia merupakan salah satu pebasket Muslim yang berprestasi di pentas NBA. Sepanjang kariernya, Olajuwon hanya membela dua tim, yakni Houston Rockets pada 1984-2001 dan Toronto Raptors di musim 2001-2002.

Hakeem Olajuwod

Bersama Rockets, Olajuwon sukses menjadi gelar juara NBA. Karier manisnya tak berhenti sampai di situ. Dia juga selalu terpilih sebagai MVP di dua pertandingan final tersebut.

Atas karier manisnya, dia terpilih menjadi bagian dari Timnas Basket Amerika. Bersama Timnas, Olajuwon berhasil menyabet medali emas Olimpiade Atlanta 1996.

3. Mahmoud Abdul-Rauf

Nama Mahmoud Abdul-Rauf juga masuk daftar lima bintang NBA yang beragama Islam. Dia aktif berkarier sebagai pebasket pada 1990 hingga 2011. Sepanjang kariernya, Abdul-Rauf telah membela sejumlah tim NBA, seperti Denver Nuggets, Sacramento Kings, hingga Vancouver Grizzlies.

Mahmoud Abdul-Rauf

Meski tak pernah mraih gelar juara NBA, kemampuan Abdul-Rauf tetap diakui. Pada 1993, dia bahkan mendapat penghargaan sebagai NBA Most Improved Player. Pencapaian itu didapat saat membela Nuggets.

2. Shareef Abdur-Rahim

Kemudian, ada nama Shareef Abdur-Rahim. Dia menjalani karier sebagai pebasket profesional pada 1996-2008. Selama itu, Abdur-Rahim telah membela sejumlah tim di NBA, seperti Vancouver Grizzlies, Atlanta Hawks, Portland Trail Blazers, hingga Sacramento Kings.

Shareef Abdur-Rahim

Sayangnya, hingga akhir kariernya, dia belum bisa merengkuh satu pun gelar juara di NBA. Tetapi, di luar ajang tersebut, ada prestasi manis yang diraihnya. Abdur-Rahim berhasil menyabet medali emas bersama Timnas Basket Amerika di Olimpiade Sydney 2000.

1. Kareem Abdul-Jabbar

Di urutan teratas, ada nama Kareem Abdul-Jabbar. Kariernya yang begitu manis di pentas NBA membuat namanya begitu tersohor dan turut dipandang sebagai seorang legenda saat ini.

Kareem Abdul Jabbar

Kareem Abdul-Jabbar sendiri bisa dibilang sebagai pebasket Muslim paling berprestasi di kancah NBA. Sebab, dia sukses meraih banyak prestasi bergengsi di sepanjang kariernya.

Bahkan, Abdul-Jabbar pernah membela Milwaukee Bucks dan Los Angeles (LA) Lakers merengkuh gelar juara. Total, dia meraih enam gelar juara NBA hingga akhirnya pensiun. Gelar juaranya bersama Bucks pun yang paing dikenang. Sebab, dia memutuskan menjadi seorang mualaf setelah kesuksesan tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini