5 Atlet Muslim yang Punya Pengaruh Besar di Dunia Olahraga, Nomor 1 dari Indonesia

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 43 2349577 5-atlet-muslim-yang-punya-pengaruh-besar-di-dunia-olahraga-nomor-1-dari-indonesia-11Y3CXar2J.jpg Taufik Hidayat (Foto: Instagram/TaufikHidayatOfficial)

TIDAK sedikit atlet muslim yang memberikan pengaruh besar di dunia olahraga. Prestasi gemilang yang dimiliki bahkan membuat mereka jadi salah satu panutan dan contoh bagi atlet-atlet lainnya untuk mengejar prestasi.

Berkat pengaruh besarnya di dunia olahraga, tak heran jika nama-nama mereka tercatat dalam perjalanan sejarah sebagai legenda pada cabang olahraga yang digeluti. Melansi dari berbagai sumber, berikut luma atlet muslim yang punya pengaruh besar di dunia olahraga.


5. Muhammad Ali - Tinju


Siapa yang tak kenal nama yang satu ini. Muhammad Ali di dunia tinju bahkan tetap harum hingga saat ini. Tak heran kalau sosok petinju legendaris ini masuk dalam daftar salah satu atlet muslim yang berpengaruh di dunia olahraga.

Petinju asal Amerika Serikat itu telah mengukir banyak prestasi di dunia tinju. Tidak hanya prestasi yang gemilang, banyak orang yang kagum pada ketaatan Ali dalam menjalankan setiap aturan dalam agama Islam. Ali tersohor karena prestasi di dunia tinju dan juga kealimannya sebagai seorang muslim.

4. Khabib Nurmagomedov - UFC

 

Atlet muslim lain yang juga dianggap memberikan pengaruh di dunia olahraga adalah Khabib Nurmagomedov. Petarung asal Rusia itu bisa dikatakan sebagai atlet UFC paling dikenal saat ini. Semua orang mengenal nama Khabib karena kehebatannya di dalam oktagon.

Meski telah memutuskan pensiun pada akhir Oktober 2020 kemarin, Khabib tercatat meraih prestasi sempurna dengan 29 kali kemenangan dan belum merasakan kekalahan sejak pertama kali naik oktagon pada 2008 lalu.

3. Zinedine Zidane - Sepakbola


Nama Zinedine Zidane begitu sukses sebagai pesepakbola. Semua trofi bergengsi di dunia sepakbola pernah diraih pria berpaspor Prancis itu. Di antara semua prestasi yang pernah diukir Zidane, keberhasilan membawa Tim Nasional (Timnas) Prancis di Piala Dunia 1998 mungkin jadi yang paling istimewa.

Kehebatan Zidane membuat banyak orang mengidolainya. Namanya pun tercatat sebagai salah satu pesepakbola terbaik dalam sejarah. Kini Zidane sedang mengukir sejarah baru dalam kariernya di dunia sepakbola sebagai Pelatih Real Madrid.

2. Mike Tyson - Tinju

 

Selain Muhammad Ali, dunia tinju juga mengenal sosok Mike Tyson. Petinju yang dapat julukan si leher beton itu dikenal dengan kekuatan pukulannya yang hampir selalu membuat lawan terkapar di atas ring.

Meski sempat dikenal dengan berbagai kasus kontroversinya, pada 1995 Tyson tampil berbeda saat keluar dari penjara. Ia mengenakan kopiah putih. Sesaat setelah menghirup udara bebas, Tyson mengunjungi sebuah masjid di kawasan penjara. Sejak itu, Tyson menganut agama Islam. Sikap Tyson pun menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

1. Taufik Hidayat - Bulu Tangkis

 

Atlet Indonesia tentu saja ada dalam daftar ini. Legenda bulu tangkis dunia dan Tanah Air, Taufik Hidayat, pantas masuk dalam daftar atlet muslim paling berpengaruh di dunia olahraga.

Taufik hampir mencicipi semua gelar turnamen bulu tangkis bergengsi. Taufik pun pernah menjadi raja di Asian Games (1998, 2002, dan 2006), Olimpiade (2004), dan Kejuaraan Dunia (2005).

Segala prestasi itu membuat Taufik masuk dalam jajaran tunggal putra elite dunia, bersama Lin Dan (China), Lee Chong Wei (Malaysia), dan Peter Gade (Denmark) pada masanya. Hingga sekarang, belum ada tunggal putra Indonesia yang bisa menyamai kehebatan dan prestasi Taufik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini