Valentino Rossi Tetap Dilibatkan dalam Pengembangan Motor Yamaha

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 38 2348076 valentino-rossi-tetap-dilibatkan-dalam-pengembangan-motor-yamaha-fqwNDw7kL9.jpg Valentino Rossi berjongkok di samping motor (Foto: Twitter/@ValeYellow46)

LESMO – Kepindahan Valentino Rossi ke tim satelit Petronas Yamaha SRT tak lantas membuat perannya berkurang. Direktur Pelaksana Yamaha Racing, Lin Jarvis, memastikan sang pembalap tetap dibutuhkan dalam pengembangan motor, terutama dari aspek pengumpulan data.

Seperti diketahui, Valentino Rossi sepakat bergabung ke Petronas Yamaha SRT pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Sekali pun membela tim satelit, The Doctor tetap dibekali dengan motor YZR M-1 edisi terbaru dengan spesifikasi pabrikan.

Hal itu sudah sesuai janji Yamaha ketika memutuskan mendepak Valentino Rossi. Pabrikan berlogo garpu tala itu akan selalu mendukung apa pun langkah yang diambil Rossifumi. Sebab, perannya begitu penting dalam membawa Yamaha berjaya di MotoGP.

Baca juga: Jarvis Ceritakan yang Dirasa saat Berpisah dengan Valentino Rossi

Valentino Rossi duduk di garasi (Foto: MotoGP)

Sekali pun kini membela tim satelit, Valentino Rossi tetap akan berperan penting dalam pengembangan motor YZR M-1. Lin Jarvis menerangkan, lebih banyak data yang dikumpulkan dari pembalap, sudah pasti akan berguna untuk pengembangan.

“Benar bahwa beberapa pengembangan motor akan dipimpin oleh tim pabrikan, tetapi Valentino tetap menjadi bagian penting, terutama dalam pengumpulan data,” tutur Lin Jarvis, sebagaimana dimuat Crash, Kamis (21/1/2021).

“Lebih banyak pembalap di trek sangat penting. Teknisi kami pasti akan melihat data dari Fabio (Quartararo) dan Maverick (Vinales) serta Valentino untuk mengembangkan motor pabrikan,” imbuh pria berkebangsaan Inggris itu.

Infografis Valentino Rossi

Pendapat serupa dilontarkan Valentino Rossi. Pria berkebangsaan Italia itu tetap yakin akan dilibatkan dalam pengembangan. Walau begitu, ia sedikit ragu masukannya nanti akan didengar oleh teknisi-teknisi Yamaha.

Valentino Rossi dan krunya (Foto: Yamaha MotoGP)

“Sepertinya, saya akan tetap dilibatkan tahun ini. Jadi, tidak banyak yang berubah. Yang bisa saya berikan adalah berbagi pengalaman dan berusaha memberi tahu apa yang dibutuhkan,” papar Valentino Rossi.

“Teknisi-teknisi dari Jepang (Yamaha) pasti mendengarkan apa yang dikatakan pembalap, tetapi pada akhirnya mereka mengerjakan apa yang mereka mau,” imbuh pria berusia 41 tahun itu.

Pengembangan motor memang lazimnya dilakukan berdasarkan masukan dari pembalap di tim pabrikan. Namun, data-data mengenai performa motor, juga bisa diambil dari tim satelit. Karena itu, penting bagi sebuah pabrikan memiliki tim satelit di paddock MotoGP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini