Digaet Honda, Pol Espargaro Langsung Bidik Gelar Juara Dunia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 38 2347246 digaet-honda-pol-espargaro-langsung-bidik-gelar-juara-dunia-eRW8Abkx3s.jpg Pol Espargaro duduk di depan motor RC213V (Foto: Honda Racing Corporation)

ANDORRA – Impian Pol Espargaro untuk membela tim papan atas di MotoGP akhirnya terwujud. Pria berkebangsaan Spanyol itu bakal membela Repsol Honda pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Ia pun langsung membidik target tinggi, konsisten meraih podium, kemenangan, sekaligus juara dunia.

Karier Pol Espargaro sejak naik kelas ke MotoGP pada 2014 memang kurang mentereng. Hal itu tidak terlepas dari tim-tim yang dibelanya. Saat debut, Polyccio mentas bareng Monster Yamaha Tech3 yang merupakan tim satelit.

Tidak heran, prestasinya biasa-biasa saja sekali pun mendapat gelar Pendatang Baru Terbaik MotoGP 2014. Padahal, Pol Espargaro adalah juara dunia Moto2 2013. Setelah tiga musim di Yamaha, ia memilih hengkang ke KTM Red Bull.

Baca juga: Pol Espargaro Akui Sudah Lama Simpan Hasrat untuk Gabung Repsol Honda

Pol Espargaro tersenyum di atas motor

Tim balap asal Austria itu tengah merintis jalan menjadi raksasa di MotoGP. Alhasil, Pol Espargaro pun lebih banyak berkutat di papan bawah pada MotoGP 2017. Namun, progres ditunjukkan pada musim-musim berikutnya.

Puncaknya, Pol Espargaro sukses menempati urutan lima klasemen pembalap MotoGP 2020. Ia sukses meraih enam podium bersama KTM Red Bull yang bukan tim mapan di kelas premier. Itu sudah menunjukkan seperti apa kemampuan pembalap berusia 29 tahun tersebut.

Kini, Pol Espargaro berkesempatan mengaspal bagi tim tersukses di MotoGP. Sadar dengan reputasi Honda Racing Corporation (HRC), adik dari Aleix Espargaro itu memancang target tinggi pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

“Target utama musim ini adalah tidak lain dan tidak bukan bertarung untuk podium atau memenangi balapan-balapan, bahkan gelar juara dunia,” tegas Pol Espargaro, sebagaimana dimuat laman resmi HRC, Selasa (19/1/2021).

“Yang pasti, kita harus meningkatkan hasil yang dicapai musim lalu. Saya akan berusaha keras untuk itu. Tahun pertama pasti tidak akan mudah, tetapi saya datang ke Repsol Honda bukan untuk berjuang di enam besar, tetapi demi mencapai tujuan utama karier saya, yakni juara dunia MotoGP,” imbuh pembalap bernomor motor 44 itu.

Prestasi Pol Espargaro terus meningkat (Foto: Twitter/@PolEspargaro)

Hasil yang dicapai Repsol Honda pada MotoGP 2020 memang sungguh buruk. Bahkan, untuk pertama kalinya, HRC gagal menjuarai satu pun seri balapan. Capaian terbaik hanya dua kali podium yang diraih Alex Marquez.

Adik dari Marc Marquez itu sendiri kini akan membela tim satelit LCR Honda. Tempatnya di Repsol Honda, digantikan oleh Pol Espargaro.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini