Sahara Janji Suzuki Bakal Lebih Baik di Kualifikasi MotoGP 2021

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 38 2346566 sahara-janji-suzuki-bakal-lebih-baik-di-kualifikasi-motogp-2021-MUAWPKdo7T.jpg Alex Rins dan Joan Mir. (Foto: Twitter/suzukimotogp)

HAMAMATSU – Tim Suzuki Ecstar tampil luar biasa di MotoGP 2020. Suzuki mampu menyabet gelar tim terbaik di musim tersebut dan pembalap mereka, Joan Mir, sukses menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Bila melihat hasil tersebut, maka dapat dikatakan Suzuki benar-benar tampil gemilang di MotoGP 2020. Namun, ada satu hal yang membuat musim 2020 terlihat kurang sempurna untuk tim pabrikan asal Jepang tersebut.

Satu hal itu adalah terkait performa Suzuki kala mentas di kualifikasi setiap balapannya. Seperti yang diketahui, sesi kualifikasi sangatlah penting agar pembalap bisa mendapatkan posisi terbaik saat awal race.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Untungkan Suzuki di MotoGP 2021, Apa Benar?

Fakta menarik Joan Mir

Andai di sesi kualifikasi sang pembalap bisa tampil cepat hingga mendapatkan posisi terdepan, maka saat balapan berlangsung pun mereka jelas akan lebih mudah memimpin jalannya race. Namun, hal itulah yang tak dirasakan Suzuki di MotoGP 2020.

Bahkan tak hanya di musim 2020, pada tahun-tahun sebelumnya pun masalah utama Suzuki adalah di saat kualifiasi berlangsung. Gara-gara hal itu, dua pembalap Suzuki, Mir dan Alex Rins pun jadi harus ekstra kerja saat balapan agar dapat memenangkan race tersebut.

Jarang sekali terlihat Rins atau Mir bisa merebut pole position saat kualifikasi. Mereka lebih sering berada di posisi tiga besar.

Meski memang pada akhirnya di balapan Mir dan Rins bisa memperbaiki posisi mereka dan memperjuangkan posisi podium, namun bayangkan bila sejak awal mereka sudah berada di depan. Tentu peluang Mir dan Rins untuk memenangkan suatu balapan akan semakin besar.

Hal itulah yang kini menjadi PR utama Suzuki di MotoGP 2021. Pimpinan Proyek Suzuki, Shinichi Sahara pun berjanji akan segera menemukan solusi terbaik untuk Suzuki agar bisa mendapatkan pengaturan yang tepat saat kualifikasi berlangsung.

Brivio bersama Rins dan Mir

“Seperti yang telah kami lakukan di masa lalu, kami mencoba meningkatkan semua area performa motor kami tanpa kehilangan keseimbangan yang baik,” ungkap Sahara, seperti yang diwartakan Crash, Senin (18/1/2021).

“Mungkin kami harus menargetkan untuk memiliki posisi grid yang lebih baik tanpa kehilangan performa apa pun untuk jarak balapan (saat kualifikasi),” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini