Pandemi Covid-19 Untungkan Suzuki di MotoGP 2021, Apa Benar?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 38 2346230 pandemi-covid-19-untungkan-suzuki-di-motogp-2021-apa-benar-DuJi2d6exZ.jpg Alex Rins dan Joan Mir. (Foto: Twitter/suzukimotogp)

HAMAMATSU – Adanya pandemi virus Covid-19 telah membuat semua tim pabrikan MotoGP tak bisa melakukan perubahan besar-besaran terhadap motor mereka di MotoGP 2021. Dengan fakta tersebut, maka tim yang tampil kuat di MotoGP 2020 jelas akan kembali dijagokan di 2021 nanti.

Dengan begitu, maka pemenang pembalap dan tim musim lalu, yakni Suzuki Ecstar jelas sangat diuntungkan dengan adanya pandemi virus corona tersebut. Sebab mereka yang sukses memperlihatkan performa yang luar biasa di MotoGP 2020 maka diprediksi akan tampil sama hebatnya di MotoGP 2021.

Hal itu karena memang tim lain pun tak bisa mengembangkan terlalu banyak terhadap motor karena wabah virus corona. Jadi, perbedaan motor musim 2020 dan 2021 dapat dikatakan takkan memiliki perbedaan yang signifikan.

Baca Juga: Akhirnya Kendarai Motor Ducati, Jorge Martin: Ini Era Baru!

Joan Mir

Karena itulah duam pembalap Suzuki, yakni Joan Mir dan Alex Rins lantas disebut benar-benar diuntungkan di MotoGP 2021 ini. Mendengar pernyataan itu, Pemimpin Proyek Suzuki, Shinichi Sahara, langsung membantah pendapat tersebut.

Sebab menurut Sahara, Suzuki pun menjadi tim yang dirugikan dengan adanya wabah virus corona. Hal itu lantaran menurutnya Suzuki sebenarnya memiliki banyak ide baru untuk dapat mengembangkan motor GSX-RR milik mereka.

Akan tetapi, sama seperti kendala tim yang lain, pandemi virus corona lantas menahan segala ide yang diyakini Sahara dapat meningkatkan kualitas motor timnya. Jadi, ia tak setuju jika disebut Suzuki diuntungkan dengan adanya wabah virus Covid-19.

Meski begitu, Sahara pun sepakat jika membahas motor GSX-RR keluaran 2020 sudah sangat baik. Ia merasa kini Suzuki hanya perlu memoles bagian-bagian tertentu yang memang diperbolehkan untuk dirombak atau ditingkatkan.

“Saya jelas akan mengatakan tidak (saat disebut Suzuki diuntungkan karena adanya pandemi virus coron). Dari sudut pandang teknik, kami sebenarnya selalu memiliki ide-ide baru untuk membuat motor lebih baik,” jelas Sahara, melansir dari Crash, Senin (18/1/2021).

Alex Rins

“Akan tetapi, untungnya paket utama motor kami tidak buruk pada tahun 2020, jadi kami akan melakukan pengembangan yang cermat pada area yang boleh kami tangani (untuk MotoGP 2021),” tambahnya.

“Bagaimanapun, Anda tidak pernah tahu bagaimana peraturan baru akan memengaruhi banyak hal, tetapi saya pikir situasinya sama untuk semua tim pabrikan. Ini adalah aturan yang sama untuk semua orang, jadi permainan yang adil ada di semua tim dan kita semua harus menghadapinya,” tutup Sahara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini