5 Atlet Indonesia yang Putuskan Jadi Mualaf, Nomor 1 Penyumbang Emas di Asian Games 2018

Ezha Herdanu, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 43 2345897 5-atlet-indonesia-yang-putuskan-jadi-mualaf-nomor-1-penyumbang-emas-di-asian-games-2018-nUHiWcjMmz.jpg Lindswell Kwok (Foto: Instagram Lindswell Kwok)

SAMA halnya seperti orang-orang biasa, para atlet acap kali membuat sebuah keputusan besar yang mengubah kehidupannya. Salah satu keputusan besar yang pernah diambil oleh atlet-atlet ada soal kepercayaannya.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa atlet papan atas yang memutuskan untuk meninggalkan kepercayaannya dengan berpindah keyakinan menjadi seorang pemeluk agama Islam. Berikut lima atlet papan atas Indonesia yang memilih untuk menjadi Mualaf.

Berikut lima atlet Indonesia yang putuskan menjadi Mualaf:

5. Maria Febe Kusumastuti (Bulu Tangkis)

Maria Febe Kusumastuti

Maria Febe Kusumastuti merupakan salah atlet bulu tangkis putri terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Maria memutuskan menjadi mualaf pada 2017, atau setahun setelah pensiun. Momen sakral itu terjadi melalui telekonferensi dari Ortario, Kanada.

Setelah itu, Maria menikah dengan salah satu mantan pebulu tangkis Indonesia, Andrei Adistia, pada tahun yang sama. Sejak itu, Maria mengenakan hijab sebagaimana ajaran dalam Islam.

4. Markus Horison (Sepakbola)

Markus Harison

Bagi Anda para pecinta sepakbola Indonesia, tentu nama Markus Horison tidak terdengar asing. Ya, semasa aktif sebagai pesepakbola, Markus memang merupakan salah satu pemain yang cukup sering membela tim papan atas.

Markus sendiri memutuskan untuk memeluk agama Islam sejak 2004 silam. Keputusan Markus berpindah keyakinan pun mendapatkan penolakan dari keluarga besarnya. Meski begitu, mantan kiper tim nasional (Timnas) Indonesia itu tetap berpegang teguh pada keyakinan yang dipeluknya.

3. Diego Michiels (Sepakbola)

Diego Michiels

Diego Michiels adalah pesepakbola berdarah Belanda-Indonesia yang dinaturalisasi pada 3 Agustus 2011. Pemain Borneo FC itu memutuskan masuk islam selang dua tahun usai dinaturalisasi.

Diego mengucapkan dua kalimat syahadat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis 7 Februari 2013. Momen sakral itu terjadi saat Diego tengah terjerat masalah dengan pihak kepolisian. Sikap Diego perlahan-lahan jadi lebih kalem setelah masuk islam.

2. Cristian Gonzales (Sepakbola)

Cristian Gonzalez

Popularitas Cristian Gonzales sebagai salah satu pesepakbola terbaik yang pernah berkarier di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya pemain berdarah Uruguay tersebut memang cukup sering menghiasi daftar pencetak gol terbanyak selama berkarier di Liga Indonesia.

Pemerintah Indonesia pun lalu memutuskan untuk memberikan Warga Negara Indonesia (WNI) kepada Gonzales pada 2010. Gonzales sendiri tercatat sudah memutuskan untuk memeluk agama Islam pada pada 2003. Bahkan Gonzales sendiri sudah beberapa kali melaksanakan Umroh.

1. Lindswell Kwok (Wushu)

Lindswell Kwok

Lindswell Kwok terkenal karena kehebatannya dalam olahraga wushu. Wanita berumur 28 itu mendapat julukan Ratu Wushu Indonesia. Julukan itu diberikan karena berbagai prestasi gemilang yang diukirnya untuk mengharumkan nama Indonesia di sejumlah turnamen internasional.

Lindswell yang beragama Budha mengambil keputusan penting untuk menjadi mualaf pada 2018. Momen penuh makna itu dilakoni Lindswell setelah menuntaskan Asian Games 2018 dengan medali emas. Usai menjadi mualaf, Lindswell pensiun dan menikah dengan sesama atlet wushu, Achmad Hulaefi. Hingga kini, Lindswell mengenakan hijab yang mempercantik penampilannya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini