Honda Terus Pantau Proses Pemulihan Marc Marquez

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 38 2343305 honda-terus-pantau-proses-pemulihan-marc-marquez-yBMdMEAtzC.jpg Marc Marquez memegang lengannya (Foto: MotoGP)

TOKYO – Kabar mengenai kembalinya Marc Marquez ke lintasan balap masih belum bisa diungkap. Presiden Honda Racing Corporation (HRC), Tetsuhiro Hikita, hanya bisa memberi tahu pihaknya terus memantau kondisi terkini The Baby Alien jelang Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Seperti diketahui, Marc Marquez mengalami cedera patah tulang humerus di lengan kanannya pada MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli silam. Setelah melalui dua operasi bedah, kondisi cederanya tidak kunjung membaik.

Pembalap berkebangsaan Spanyol itu bahkan harus menjalani operasi bedah ketiga pada awal Desember 2020. Diduga, Marc Marquez bakal absen hingga enam bulan ke depan. Kondisi itu membuat HRC dan Repsol Honda pusing tujuh keliling.

Baca juga: Jadi Tandem Marc Marquez, Kiprah Pol Espargaro Dinantikan

Marc Marquez sudah bisa pakai baju balap

Dalam konferensi pers jelang MotoGP 2021, HRC tidak secara eksplisit menyebut bakal mencari pengganti sementara. Sebab, pabrikan asal Jepang it uterus memantau kondisi terkini pembalap andalannya sembari menyiapkan motor terbaik.

“Untuk saat ini, semuanya masih dalam perdebatan. Namun, kami terus memantau kondisinya secara seksama,” ujar Tetsuhiro Hikita, sebagaimana dimuat Motosan, Selasa (12/1/2021).

“Kami terus bekerja menyiapkan motor terbaik untuknya pada tes pramusim di Sepang (Malaysia). Kami harus melakukan segalanya demi membantu Marc Marquez,” imbuh pria berkebangsaan Jepang itu.

Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Internasional Sepang sendiri direncanakan digelar pada 19-21 Februari mendatang. Hingga mendekati sebulan jelang tes tersebut, belum ada tanda-tanda cedera Marc Marquez membaik.

Kondisi itu membuat HRC kemungkinan besar akan mengandalkan Takaaki Nakagami guna mengembangkan motor. Sebab, pembalap asal Jepang itu merupakan pengguna motor RC213V dengan hasil terbaik musim lalu, yakni peringkat 10.

Takaaki Nakagami jadi tumpuan Honda (Foto: MotoGP)

Jika benar Marc Marquez bisa absen hingga enam bulan, Honda mau tidak mau harus mencari pembalap pengganti. Nama Andrea Dovizioso mengapung ke permukaan. Apalagi, pria asal Italia itu berstatus menganggur pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 setelah dilepas Ducati.

Akan tetapi, Andrea Dovizioso juga tidak menampik soal kemungkinan menjadi pembalap pengganti Marc Marquez. Justru sang agen, Simone Battistella, yang terang-terangan menyebut kliennya tidak mau menjadi pemanas jok motor RC213V milik juara dunia enam kali tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini