Alasan Marc Marquez Tak Mau Beralih ke F1

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 03 Januari 2021 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 03 38 2338023 alasan-marc-marquez-tak-mau-beralih-ke-f1-CXsenTAcZa.jpg Pembalap Honda, Marc Marquez (Foto: Motorsport)

CERVERA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, telah menjadi fenomena dalam sejarah Kejuaraan Dunia MotoGP. Selama delapan musim berkarier di kelas premier, pembalap berjuluk The Baby Alien itu sukses menjadi juara dunia sebanyak enam kali.

Tak mengherankan jika Marquez disebut sebagai pembalap terbaik MotoGP yang ada sekarang. Sebelum Marquez mengalami kecelakaan dan patah lengan kanan dalam seri perdana MotoGP 2020, bisa dibilang tak ada rider lain yang mampu menyaingi The Baby Alien.

Sempat beredar kabar bahwa Marquez akan mencari tantangan baru dengan berlaga di Kejuaraan Dunia Formula One (F1). Apalagi, Marquez sendiri pernah menjajal mobil balap F1 dan ia mengaku tak bisa melupakan momen tersebut.

Baca juga: Marc Marquez Diminta Waspada Terhadap Empat Pembalap Ini

Marc Marquez

Hal itu terjadi pada Juni 2018. Ketika itu, dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, mencoba mobil balap F1 milik Red Bull. Adapun lintasan yang digunakan adalah di Sirkuit Red Bull Ring yang terletak di Austria.

Menurut Marquez, terdapat perbedaan besar antara mengendarai motor balap MotoGP dengan mobil F1. Utamanya, Marquez menyoroti titik pengereman.

“Saya akan selalu mengingat hari ini. Saya gugup malam sebelumnya, lebih gugup daripada pada balapan akhir pekan (MotoGP). Saya hampir tidak bisa tidur. Perbedaan terbesar adalah titik pengereman. Saya selalu berpikir bahwa itu tidak akan cukup,” ujar Marquez, dinukil dari Speedweek.

“Anda mengerem dengan sangat berbeda. Kami mengerjakannya dengan Mark Webber dan Helmut Marko. Yang paling keren adalah tikungan cepat. Mark dan Helmut selalu berkata Anda bisa berbuat lebih banyak. Tetapi Anda juga harus memiliki rasa hormat (terhadap F1)," lanjutnya.

Kendati demikian, Marquez tak memiliki keinginan untuk beralih ke F1. Meski ia senang bisa mengendarai jet darat tersebut, namun Marquez merasa belum cukup mampu untuk menjadi yang terbaik di F1.

Marc Marquez

“Awalnya Anda merasa sedikit lebih aman di dalam mobil. Tapi perasaannya sebaliknya. Di dalam mobil, jarak pandang adalah masalahnya. Saat Anda mengemudi, Anda melihat jauh ke depan karena kecepatannya sangat cepat,” jelas The Baby Alien.

“Mark Webber mengajari saya itu. Anda harus selalu mencari cara yang benar. Saat ini balapan mobil tidak ada dalam rencana. Anda membutuhkan tim yang sempurna di sekitar Anda dan banyak lagi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini