Ezpeleta Tak Izinkan Repsol Honda Turunkan 3 Pembalap di MotoGP 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 38 2336128 ezpeleta-tak-izinkan-repsol-honda-turunkan-3-pembalap-di-motogp-2021-IwjUzwJI2c.jpg Andrea Dovizioso dan Marc Marquez. (Foto: MotoGP)

MADRID – CEO Dorna Sports (promotor MotoGP) Carmelo Ezpeleta, tak memberi izin kepada Repsol Honda untuk menurunkan tiga pembalap di MotoGP 2021. Baginya, tak ada pengecualian untuk tim mana pun di musim depan sehingga Repsol Honda akan hanya tetap memiliki dua slot pembalap.

Sebagaimana diketahui, Repsol Honda dikabarkan berencana menurunkan tiga pembalap untuk MotoGP 2021. Selain mengandalkan jasa Marc Marquez dan Pol Espargaro, Honda juga ingin menurunkan Andrea Dovizioso sebagai pembalap ketiganya musim depan.

Marc Marquez

Rencana ini muncul menyusul kondisi Marc Marquez yang belum juga membaik dari cedera parah di lengan kanannya. Dengan begitu, Marquez ramai dikabarkan bakal absen cukup panjang pada musim depan.

BACA JUGA: Bagnaia Tegaskan Sudah Tak Takut Berduel dengan Rossi

Untuk mengatasi kondisi ini, Honda sendiri berencana mengontrak Andrea Dovizioso yang tengah vakum untuk menjadi pengganti Marquez saat absen. Tetapi, Dovizioso ternyata tak mau hanya sekadar menjadi pengganti Marquez di beberapa balapan saja.

Dovizioso menginginkan balapan penuh untuk MotoGP 2021 jika memang membatalkan rencana vakumnya. Dengan begitu, muncullah ide Repsol Honda untuk menurunkan tiga pembalap seperti yang pernah dilakukan beberapa tahun lalu.

Pada 2011, Honda diketahui menurunkan tiga pembalap. Meski sudah memiliki duet Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso, Honda tetap mendatangkan Casey Stoner yang akhirnya membuat tim tersebut menurunkan tiga pembalap di pabrikan.

Terkait rencana ini, Ezpeleta pun tak memberi restu. Ezpeleta yang punya wewenang besar dalam mengatur perlombaan di MotoGP menyatakan bahwa Repsol Honda hanya memiliki slot dua pembalap.

Andrea Dovizioso

“Pengecualian tidak mungkin. Tidak mungkin memiliki lebih dari dua motor per tim,” ujar Ezpeleta, sebagaimana dikutip dari GP One, Rabu (30/12/2020).

“Honda memiliki dua yang tersedia untuk tim Repsol dan dua lainnya untuk tim besutan Lucio Cecchinello,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini